Nikmatnya Plecing Kangkung Khas Lombok dapat Menggugah Selera dan Menggoyang Lidah yang Menikmatinya

Pulau Lombok tak hanya menawarkan keindahan alamnya saja yang sangat mempesona, namun pulau yang satu ini juga memanjakan para wisatawannya yang datang dengan kuliner khas nya yaitu Plecing Kangkung. Plecing Kangkung merupakan salah satu makanan khas Lombok yang terdiri dari kangkung yang direbus lalu ditambahkan dengan sambal tomat yang terbuat dari racikan cabai rawit, garam, terasi dan tomat yang dihaluskan  tak lupa juga diberi taburan kacang goreng dan sebagai pelengkap ditambahkan dengan perasan jeruk limau agar menambah citarasa yang khas pada kuliner yang satu ini.

Sambal tomat untuk plecing ini pun sangat khas karena terbuat dari cabai khas Pulau Lombok yang memberikan sensasi rasa pedas yang dapat menggoyang lidah kamu ketika menikmatinya. Namun jangan khawatir untuk kamu yang tidak suka pedas, sambal tomat tersebut bisa digantikan dengan menggunakan urap yang terbuat dari parutan kelapa yang direbus dan ditambahkan bumbu penyedap agar memberikan  rasa yang tak kalah nikmatya dengan sambal tomat tersebut. Yang membuat enak adalah kangkung khas Lombok berbeda dengan kangkung yang tumbuh di daerah Pulau Jawa. Kangkung Lombok rasanya manis walaupun hanya direbus saja tanpa ditambahkan bumbu, ukuran batangnya pun terbilang lebih besar dibandingkan dengan kangkung Jawa. Kangkung Lombok ditanam dengan metode tertentu yaitu di sungai yang air nya mengalir.

Campuran rasa manis, asin dan kesegaran dari kuliner ini dapat menggugah selera makan kamu. Namun jika kamu ingin menikmati kuliner khas Lombok ini maka tak perlu jauh – jauh pergi ke Pulau Lombok karena di rumah makan tradisional khas Lombok pun kamu bisa mencicipinya. Rumah makan tradisional khas Lombok tersebut antara lain adalah:
– Pondok Sekarbela di Jalan Suryo, Jakarta Selatan
– Putera Lombok di Kelapa Gading, Jakarta Utara

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.