Pesona Pantai Laskar Pelangi yang Jadi Daya Tarik Turis Bule

Salah satu pantai yang menjadi kebanggaan dari Kabupaten Belitung ialah Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini berada di 30 km, Anda memerlukan waktu kurang lebih 45 menit bila Anda dari Pusat Kota Tanjung Pandan. Tanjung Pandan sendiri ialah ibukota dari Kabupaten Belitung. Jika Anda pernah melihat film Laskar Pelangi, mungkin Anda akan familiar dengan pantai ini, ini dikarenakan pantai ini sudah pernah dijadikan sebagai tempat syuting film terkenal tersebut. Pesona dari Pantai ini memang menjadi sebuah daya tarik tersendiri. Ia memiliki hamparan pasir putih serta air laut yang berwarna hijau kebiru-biruan menambah elok hamparan bebatuan yang ada di sekitar pantai.

Kecantikan dari Pantai di Kabupaten Belitung memang tidak dapat diragukan lagi, salah satu contohnya ialah Tanjung Tinggi. Tidak heran, dikarenakan keelokannya, banyak sekali wisatawan lokal dan mancanegara yang menjadikan Kabupaten Belitung ini sebagai tujuan untuk tempat berwisata mereka. Pantai Tanjung Tinggi sendiri berbentuk seperti teluk kecil yang mempunyai panjang kurang lebih 100 meter, dikarenakan bentuknya yang seperti teluk, arus ombak yang berada di pantai ini relatif lebih kecil serta cocok digunakan sebagai olahraga air.

Selain kecantikan yang dimiliki oleh Tanjung Tinggi ini, sebenarnya terdapat hamparan batu granit yang berada di sekitar pantai, ia berada tepat di timur pantai. Batu ini memiliki ukuran beragam, ada batu yang memiliki ukuran begitu besar namun ada pula batu yang memiliki ukuran sangat kecil. Bila Anda hoby atau gemar di dunia fotografi, Anda dapat mengambil gambar batu yang cantik sebagai model dengan latar belakang Tanjung Tinggi serta matahari terbenamnya.

Anda tidak hanya dapat menikmati keindahannya saja, di sini Anda dapat melakukan berbagai macam olahraga air di Tanjung Tinggi. Aktivitas yang dapat Anda lakukan di pantai Tanjung Tinggi seperti berjemur, memancing, berenang, menyewa jetski, menyelam, hingga menjelajah dengan menggunakan kano atau pun prahu karet. Bila Anda sering melakukan penyelaman, Anda akan menjumpai berbagai macam bentuk, jenis dan warna spesies laut yang ada di pantai ini dan rumah-rumahnya yang berasal dari terumbu karang.

Enaknya, setelah Anda lelah untuk melakukan berbagai macam aktifitas di sini, Anda dapat beristirahat di rumah makan yang ada di sekitar pantai. Apa saja makanan yang dapat di pesan di sini? Berbagai macam olahan ikan dapat Anda pesan. Ketika Anda berkunjung di Pantai Tanjung Tinggi, jangan lupa untuk mencicipi lezatnya makanan dari Belitung yakni Gangan. Gangan sendiri ialah masakan yang seperti sayur di olah dengan menggunakan kunyit sebagai sebuah bumbu utama dan di olah bersama dengan nanas muda serta kepala ikan. Gangan ini mempunyai rasa asam dan pedas yang dapat menambah selera makan Anda.

Bagi Anda yang masih bingung lokasi dari Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Tinggi ini berlokasi di Kecamatan Sijuk, Belitung, Bangka Belitung. Jika Anda ingin mengunjungi pantai ini lebih baik Anda menggunakan mobil pribadi atau menggunakan agen tour. Hal ini disebabkan, transportasi umum yang akan menuju pantai yang elok ini sangat sulit.

Fasilitas yang berada di Pantai Tanjung Tinggi ini juga relatif lengkap, Anda bisa menemukan warung makan dengan berbagai macam sajian. Sarana dan prasarana seperti jetski dan juga kano, hingga toilet umum. Bila Anda ingin bermalam di sini, Anda dapat menginap di home stay yang ada di sekitar pantai. Jadi, tunggu apa lagi?

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.