Pesona Menantang dan Indah di Gunung Sorik Marapi

Berwisata ke kota Medan di Sumatra Utara ada baiknya menjelajahi pegunungan indah dan menantang yang terdapat di wilayah tersebut. Beberapa pegunungan di Medan menawarkan medan pendakian yang cukup memacu adrenalin. Tantangan medan tempuh yang sulit tentu sangat menggiurkan bagi mereka yang gemar mendaki gunung indah dan menantang. Salah satu gunung dengan kriteria tersebut adalah Gunung Sorik Marapi yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Batang Gadis.

Taman Nasional Batang Gadis atau TNBG berada di Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Marapi yang terlindungi dengan baik. Keindahan Gunung Sorik Marapi memang sudah terkenal sejak dulu, faktor yang menunjang nama gunung ini melejit. Salah satunya ialah pemandangan kawah biru yang hanya bisa dinikmati setelah sampai di puncak gunung tersebut. Sekilas mendengar uraian singkat tersebut para pendaki pasti langsung teringat dengan pesona Gunung Rinjani yang juga menyajikan pemandangan kawah berwarna biru.

Meski lokasinya cukup jauh dari pusat kota dan menempuh perjalanan sepanjang 10 hingga 11 jam dari Mandailing. Namun pemandangan dan pengalaman menarik selama di perjalanan sungguh sangat memukau dan tidak terlupakan. Perjalanan menuju puncak Gunung Sorik Marapi akan melalui area yang masih perawan sehingga indah maksimal. Para pendaki akan melihat langsung betapa indah tanah yang penuh bebatuan dan cukup terjal. Kemudian terdapat pula daya tarik hutan rimbanya yang sangat dalam dan masih sangat lebat terlindungi pemerintah setempat.

Pendakian ke puncak gunung masih jarang sehingga sepanjang perjalanan pendaki akan melewati banyak semak belukar tebal. Bahkan pendaki yang berasal dari Sumatra Utara sendiri merasa enggan untuk menaklukkan puncak gunung berkawah biru ini. Alasannya beragam, disebabkan oleh lokasinya yang cukup jauh dan medan perjalanan yang sangat sulit. Berkunjung dan mendaki ke gunung indah ini sangat cocok bagi mereka yang gemar mencari tantangan terbaik dalam mencapai puncak gunung.

Gunung yang Masih Keramat

Melakukan pendakian ke gunung terjal ini tidak hanya ditantang oleh medan pendakian yang sulit namun juga aturan adat warga setempat. Hingga sekarang penduduk yang tinggal di kawasan kaki gunung percaya Gunung Sorik Marapi masih keramat. Dilarang di daki oleh kaum perempuan sebab dipercaya mampu membuat penunggu gunung tersebut marah. Sehingga perlu dilakukan negosiasi panjang sebelum mendapatkan pemandu untuk bisa melakukan pendakian bersama tim perempuan di dalamnya.

Karena dianggap keramat inilah yang juga menjadikan jumlah pendaki masih terbatas sehingga medan yang ditempuh masih terlihat alami. Namun dibalik itu semua ada keuntungan berlimpah yang menanti dimana dengan medan yang masih alami. Mampu menyuguhkan pemandangan yang masih terjaga dengan baik dan terbentuk sendirinya oleh alam. Selama perjalanan para pendaki akan menjumpai beragam bunga indah dan terkenal beberapa bahkan langka. Disini pendaki bisa melihat langsung Bunga Raflesia Arnoldi yang cukup langka.

Pendakian yang dilakukan sudah tentu akan menguras cukup tenaga maka perlu persiapan fisik dan perbekalan yang memadai. Pastikan sebelum mendaki mendapatkan pemandu agar paham berbagai pantangan dan seni keindahan sepanjang perjalanan. Perjalanan ke puncak gunung akan memakan waktu sekitar 6 jam dan menyesuaikan dengan kondisi di lapangan. Ada baiknya melakukan pendakian pada musim kemarau sehingga perjalanan bisa lebih lancar dengan medan yang kering dan bersahabat. Keindahan di puncak gunung membayar semua kelelahan selama pendakian panjang yang dilakukan.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.