Aneka Ragam Kuliner Sate yang Bisa Ditemukan di Indonesia

Indonesia memang cukup terkenal dengan kuliner wisata nya yang beragam, oleh karena itu hal ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke suatu daerah. Berbagai macam makanan dan minuman tradisional hingga kuliner yang kini diberi sentuhan modern sehingga muncullah inovasi baru yang menjadi ciri khas tersendiri . Salah satu makanan khas Indonesia adalah Sate yang merupakan makanan dengan berbahan dasar daging yang dipotong kecil – kecil lalu ditusuk menggunakan lidi lalu dibakar sehingga memiliki berbagai varian cita rasa yang khas. Namun tahukah kamu jika di Indonesia terdapat beraneka ragam sate yang bisa kamu coba. Daripada penasaran, berikut ada lima rekomendasi sate di Indonesia yang bisa kamu coba. Diantaranya adalah: 

1. Sate Padang

Sesuai dengan namanya, sate ini berasal dari Padang yang memang kerap diburu oleh para pecinta kuliner yang datang ke daerah Padang. Berbeda dengan sate pada umumnya yang menggunakan daging ayam, sapi atau kambing sebagai bahan dasarnya, Sate Padang menggunakan lidah dan jeroan sapi sebagai bahan dasarnya lalu disiram dengan bumbu kuah kacang kental yang kaya akan rempah – rempah dan bercitarasa pedas. Kuliner yang satu ini sangat cocok dinikmati saat makan siang atau makan malam tiba.

2. Sate Madura

Rasanya sudah tak asing lagi ketika pertama kali mendengar Sate Madura. Berbeda dengan Sate Padang yang menggunakan jeroan dan lidah sebagai bahan utamanya, Sate Padang menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya. Untuk kuahnya, Sate Madura memiliki citarasa yang manis karena ada tambahan gula pada kuah kacangnya.

3. Sate Ponorogo

Sate Ponorogo merupakan kuliner sate khas Ponorogo yang dimana menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya. Daging ayam yang digunakan pun cukup empuk dan bumbu nya benar – benar meresap hingga ke dalam. Uniknya, sate Ponorogo tidak dipotong kotak – kotak kecil seperti sate pada umumnya melainkan dipotong memanjang seperti membuat sayatan pada ikan yang akan di fillet. Proses pemberian bumbu pada sate ayam Ponorogo juga berbeda dengan sate ayam kebanyakan.  Ada yang namanya proses merendam bumbu yang dimana tujuannya agar bumbu sate ayam bisa merasuk ke dalam daging ayamnya. Bumbu kuah yang digunakan pun lebih kental.

4. Sate Loso

Sate Loso merupakan sate khas Pemalang yang terbuat dari daging kerbau dan memiliki citarasa yang khas karena berbeda dengan sate yang lainnya. Selain itu bumbu yang digunakan juga menambah cita rasa tersendiri dari kuliner yang satu ini.  Dalam mengolahnya, daging kerbau yang terkenal keras di rebus terlebih dulu beberapa jam dengan rempah-rempah sehingga daging empuk, kemudian dimasak kembali dengan bumbu bacem lalu kemudian di bakar seperti sate pada umumnya.

5. Sate Lilit

Banyak ditemukan di Bali, sate lilit berbahan dasar daging ayam atau daging babi yang dicincang.
Adonan daging tersebut kemudian dicampur bumbu, dilumatkan, dan digumpalkan, selanjutnya dibakar di atas bara api.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.