Pesona Keindahan Air Terjun Guruh Gemurai di Kuansing

Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) sangat identik dengan wisata budaya Pacu Jalur. Namun siapa sangka di Kabupaten Kuansing tak hanya wisata pacu jalur saja yang memiliki potensi namun masih banyak wisata Kuansing yang wajib kamu ketahui seperti salah satunya adalah Air Terjun Guruh Gemurai yang berada di Kecamatan Kuantan Mudik dan di Desa Adat Setakjo. Dua kawasan tersebut terdapat destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi ketika sedang berlibur di Kabupaten Kuansing.

Air Terjun Guruh Gemurai merupakan sebuah obyek wisata yang terletak di perbatasan Sumatera Barat dengan Riau dan berada di dalam kawasan hutan lindung atau lebih tepatnya berada di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik. Nama Air Terjun Guruh Gemurai diambil dari bahasa setempat yang dimana Guruh atau Gemuruh berasal dari bunyi air terjun tersebut. Untuk kamu yang ingin berkunjung ke obyek wisata ini cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp. 3 ribu hingga Rp 5 ribu saja maka kamu sudah dapat menikmati keindahan air terjun tersebut dari dekat.

Air terjun ini memiliki dua curahan yang salah satunya memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan dibawahnya terdapat kolam yang bisa digunakan untuk mandi atau berenang oleh para pengunjung. Menurut Kabid Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuansing, bahwa air terjun tersebut sudah ada sejak tahun 2015 dan pertama kali yang menemukan adalah warga sekitar. Namun mulai awal tahun 2016, lokasi tersebut sudah dilakukan pembangunan.

Kondisi anak tangga yang sudah rapuh dan berlumut mengharuskan para pengunjungnya berhati – hati ketika menapaki anak tangga tersebut. Suara air terjun yang gemericik akan menyambut kamu setelah menapaki puluhan anak tangga. Sembari melepas lelah, wisatawan juga dapat menyaksikan pemandangan alam berupa pepohonan yang tumbuh tinggi menjulang dan aliran sungai Kuantan yang berkelok – kelok. Untuk menikmati keindahan alam air terjun tersebut maka kamu bisa melewati tangga beton yang menuju kolam jatuhnya air terjun tersebut.

Beberapa fasilitas penunjang seperti areal parkir yang luas, sebuah pentas terbuka untuk mengadakan berbagai macam acara, arena bermain untuk anak, kolam untuk mandi dan juga mushola untuk ibadah dapat kamu gunakan selama di kawasan tersebut.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.