Mencicipi Masakan Tradisional Khas Pesisir Utara Pulau Jawa

Berkunjung ke kawasan pesisir utara Jawa jangan sampai melewatkan untuk mencicipi masakan tradisional nya ya. Apalagi kawasan tersebut sangat identik dengan hasil laut berbumbu kunyit dan nikmatnya sambal. Di wilayah bagian Utara Jakarta tepatnya daerah Cilincing ada salah satu Rumah makan yang sudah berdiri hampir 30 tahun lamanya yaitu Rumah Makan Pak Slamet. Nama rumah makan tersebut diambil dari nama pemiliknya yang merupakan mantan koki di kapal pesiar. Dengan berbekal keahlian memasaknya, ia mendirikan sebuah rumah makan sederhana bersama istrinya.

Semakin hari, pengunjung yang berkunjung semakin bertambah dikarenakan Pak Slamet sendiri menjaga kualitas cita rasa masakannya. Di kawasan Jakarta Utara,rumah makan yang satu ini  sudah sangat terkenal sejak tahun 1981. Bumbu dan cara pengolahannya merupakan warisan dari keluarganya secara turun temurun sehingga banyak pengunjung yang datang ke rumah makannya. Selain itu juga, sang istri membantu Pak Slamet dalam hal pemilihan menu dan bumbu.

Semua menu yang sudah selesai dibuat seperti ikan, ayam, sapi, telur, udang dan cumi dipajang di etalase Rumah Makan Pak Slamet. Tak hanya itu saja menunya namun masih ada lagi  menu yang dipepes,  goreng hingga rebus, tinggal memilih sesuai selera saja. Ada salah saau menu yang menjadi andalan di rumah makan ini adalah Sayur Kuning Kepala Kakap yang dibanderol Rp 60.000, sehingga peminatnya cukup banyak bahkan ada yang sampai rela antri demi mendapatkan kepala kakap berkuah kuning kemerahan tersebut.

Biasanya untuk seporsi Sayur Kepala Kakap disajikan bersama taburan cabai rawit hijau diatasnya. Apabila kurang pedas dapat menambah sendiri dengan sambal terasi yang diuleg. Selain Sayur Kepala Kakap, menu lainnya yang menjadi andalan adalah pepes ikan bandeng dan ikan kembung. Kedua menu tersebut dimasak dengan menggunakan bungkusan daun serta daun kemangi untuk menghilangkan rasa bau amis yang ada di ikan tersebut. Harga untuk kedua menu tersebut pun cukup terjangkau yaitu dibanderol seharga Rp 10.000. Tersedia pula ikan bawal yang dimasak goreng ataupun bakar ala Pak Slamet. Jangan khawatir tidak menikmati ikan goreng yang crunchy, karena ikan baru digoreng setelah Anda memesannya. Menu terakhir yang disajikan oleh Pak Slamet adalah sayur asem dengan cita rasa Sunda yang menambah kenikmatan untuk bersantap.

Bagi Anda yang ingin menikmati semua menu yang ada di Rumah Makan Pak Slamet maka bisa berkunjung ke Jl. Raya Cilincing Nomor 6 RT 001/03 Kecamatan Cilincing 14120 Jakarta Utara Rumah Makan Pak Slamet buka dari pukul 10.00 WIB hingga 15.00 WIB setiap harinya kecuali Hari Minggu. Pak Slamet sendiri pun melayani pemesanan via telepon di nomer 021-4411574. Menu lainnya yang bisa kamu nikmati di Rumah Makan Pak Slammet antara lain :

-Sayur Kuning Kepala Kakap: Rp 50 ribu-Rp 60 ribu
-Bawal Goreng Rp 30 ribu
-Bawal Bakar Rp 40 ribu
-Pepes Bandeng dan Pepes Kembung Rp 10 ribu-Rp 15 ribu
-Sayur Asem Rp 5 ribu
-Sayur Lodeh Rp 6 ribu
-Menu lain rata-rata harganya Rp 5 ribu-Rp 6 ribu
-Es Jeruk Rp 5 ribu

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.