Ingin Merencanakan Perjalanan Panjang dengan Transportasi Darat? Perhatikan Tips Ini Yuk!

Ada banyak cara untuk melakukan liburan dengan transportasi misalnya saja menggunakan transportasi darat untuk berkunjung ke suatu tempat tujuan. Jika Anda ingin melakukan perjalanan darat yang cukup panjang dan memakan waktu lama maka ada baiknya direncanakan terlebih dahulu dari jauh – jauh hari. Berikut ada beberapa perlengkapan yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan perjalanan panjang tersebut, diantaranya adalah: 

1. Pilih kendaraan transportasi yang tepat
Berapa banyak orang yang ikut ada baiknya Anda perhatikan sebelum melakukan perjalanan karena untuk memastikan semua orang yang ikut mendapatkan ruangan yang cukup selama perjalanan. Apalagi jika yang ikut adalah anak – anak dan bayi pastikan kembali setiap kursi memiliki booster kunci untuk anak kecil.

2. Tempat penyimpanan yang baik di dalam kendaraan
Hal yang paling penting adalah kendaraan tersebut memiliki tempat penyimpanan yang cukup baik misalnya untuk makanan, tempat persediaan air, tisu, kertas toilet, pembersih tangan, handuk, dan kotak untuk penyimpanan obat. Khusus untuk tempat penyimpanan kotak obat dpat disimpan di tempat yang sangat mudah dijangkau agar mudah untuk mencarinya jika terjadi sesuatu.

3. Kendaraan dalam keadaan baik
Cek dan pastikan kembali kendaraan yang digunakan dalam kondisi baik dan sempurna agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan selama perjalanan. Kondisi yang perlu diperhatikan seperti tangki yang penuh, ban dan cadangannya atau lain sebagainya kalau perlu bawa kotak khusus untuk menyimpan alat bantu seperti tali, plastik, dan lakban.

4. Map dan catatan manual
Map dan catatan manual juga sangat diperlukan ketika melakukan perjalanan jauh, tujunnya agar dapat dengan mudah menemui tempat yang akan Anda serta instruksi – instruksi yang ada di tempat tujuan. Tak hanya itu, memiliki nomor telepon dokter juga dapat menjadi bantuan bagi Anda jika terjadi sesuatu di perjalanan.

5. Persediaan makanan dan air
Meskipun di sepanjang perjalanan banyak yang menjajakan makanan atau minuman maka tak ada salahnya membawa makanan dan minuman yang cukup untuk persediaan selama di perjalanan. Jika Anda membawa bayi, jangan lupa juga untuk membawa makanan mereka agar gizi bayi terpenuhi selama di perjalanan.

6. Kamera dengan kualitas baik
Perjalanan darat membuat kita berada di luar dan menikmati pemandangan yang ada.
Kamera untuk mengabadikan gambar dan juga kamera video tentunya.

7. Memberitahukan perjalanan kepada orang terdekat
Menginformasikan kepada orang terdekat juga sangat penting, tujuannya adalah untuk membantu agar tetap terhubung kepada keluarga dekat jika dalam keadaan darurat. Keluarga dekat yang bisa dihubungi misalnya seperti salah seorang keluarga, teman ataupun tetangga dekat yang Anda kenal.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.