Peralatan Apa Saja Sih yang Harus Dibawa Saat Mendaki Gunung? Simak Ulasannya Berikut Ini Yuk!

Saat ini kegiatan mendaki gunung menjadi salah satu aktivitas yang paling digemari oleh sebagian masyarakat mulai dari anak – anak, anak remaja hingga orangtua. Namun tahukah kamu jika kegiatan mendaki gunung identik dengan resiko berbahaya seperti kedinginan, kehujanan, serta kelaparan. Sebelum melakukan kegiatan ini ada baiknya untuk mempersiapkan segala sesuatu nya agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Para pendaki biasanya perlu mempersiapkan peralatan – peralatan yang dapat mengurangi resiko tersebut. Biasanya pendaki pemula akan kebingungan peralatan apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mendaki. Daripada bingung berikut ini ada beberapa peralatan penting yang wajib dimiliki saat pertama kali mendaki gunung. Daftar ini disusun berdasarkan keterangan Pemandu Pendakian Gunung dari Consina, Virgo Dirgantara; Brand Ambassador Eiger, Noerhuda; dan Pemilik Toko Patagonia Outdoor, Fandhi Achmad.

*Perlengkapan Pribadi

1. Ransel
Ransel atau sering disebut Carrier gunanya sangat jelas yaitu untuk menaruh berbagai barang – barang keperluan kamu seperti sleeping bag, tenda, alat masak, matras, makanan dan logistik pendakian. Carrier biasanya di design secara khusus dan sedemikian rupa agar beban yang dipikul bisa terdistribusi merata di badan. Ransel sendiri memiliki aneka ukuran tampung yang bervariasi seperti 20 hingga 100 liter.

2. Sepatu
Sebaiknya mendaki gunung menggunakan sepatu khusus mendaki gunung karena secara fungsi sepatu ini tak bisa digantikan dengan model sepatu yang lain. Secara karakteristik seperti jenis dan kekuatan sol, jenis leher sepatu, dan bahan sepatu yang berbeda dengan sepatu casual.

3. Pakaian
Jangan sampai memilih pakaian saat mendaki gunung, jika salah bisa – bisa kamu mengalami hipotermia atau badan membeku parah karena kehilangan panas tubuh saat berada di gunung. Pakaian yang dibawa sebaiknya di bagi menjadi dua yaitu  pakaian untuk beraktivitas dan mendaki dengan memilih pakaian yang tidak ketat dan menyerap keringat, dan pakaian untuk tidur yang hangat dan bisa menahan panas.

4. Headlamp
Headlamp adalah lampu yang digunakan di kepala untuk menerangi perjalanan pendakian di malam hari ataupun ketika berada di area kemah.

5. Alat Makan
Alat makan ketika mendaki gunung yang bisa disiapkan antara lain piring dan gelas plastik, sendok, dan garpu.

6. Matras
Matras berguna untuk alas untuk duduk maupun tidur di dalam tenda. Matras juga berfungsi untuk menjaga panas tubuh. Terdapat beberapa jenis bahan matras seperti karet (biasa digunakan oleh militer) maupun alumunium foil. Matras alumunium foil biasanya bisa digunakan untuk tiga orang.

*Peralatan Kelompok

1. Tenda
Tenda juga memiliki banyak jenis yang beragam, namun tenda yang paling populer di kalangan pendaki gunung adalah jenis dome. Bukan tanpa alasan, karena tenda dome merupakan tenda yang mudah untuk didirikan dan bentuknya yang sederhana sehingga tidak terlalu berat ketika dimasukkan ke dalam carrier.

2. Alat memasak
Saat mendaki gunung, tentu membutuhkan asupan energi dari makanan. Alat memasak juga jangan lupa untuk dimasukkan ke dalam carrier kamu. Tak hanya kompor saja, kamu juga pasti membutuhkan peralatan masak lainnya seperti wajan, penggorengan, nesting, bahan bakar tabung spiritus, dan lain sebagainya.

3. Flysheet
Flysheet adalah sebuah lembaran yang bisa dibentangkan dalam keadaan darurat untuk berteduh dari hujan dan panas. Flysheet biasa terbuat dari bahan nylon dan bersifat anti air. Ukuran flysheet sendiri beragam seperti 1×2 meter, 3×4 meter, hingga 4×6 meter

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.