Pariwisata Mentawai Masih Meninggalkan Kepiluan

Sudah rahasia lama bahwa Indonesia merupakan salah satu wilayah yang sangat ramai sekali dikunjungi oleh banyak orang dari dalam maupun luar negeri dan semuanya sangat takjub sekali dengan pariwisata yang ada di Indonesia. Oleh karena itu banyak juga orang yang beraggapan bahwa dengan adanya kemajuan pariwisata ini akan membuat Indonesia jauh lebih baik dalam sektor ekonomi. Namun beda halnya jika kita melihat sebuah daerah yang berada di Kawasan Barat Indonesia yaitu di kawasan Mentawai.

Pariwisata Mentawai

Sudah ada banyak orang yang tahu bahwa Kepulauan Mentawai memang sangat terkenal sekali dengan keindahan alam yang akan membuat kita sangat takjub sekali. Alam pantai yang indah ini memang mampu menghipnotis banyak orang untuk bisa datang ke kawasan ini. Salah satu alasan mengapa banyak wisatawan yang datang ke tempat ini adalah karena mereka sangat suka dengan ombak yang ada di kawasan ini karena sangat cocok untuk surfing.

Jika melihat dari segala fasilitas yang sudah ada, kawasan wisata ini memang sudah bisa dibilang sebagai salah satu tempat wisata yang cocok untuk berbagai aktivitas internasional. Seperti surfing dan juga untuk diving. Bahkan di kawasan Mentawai memiliki 70 spot surfing, 33 spot diving dan juga beberapa penginapan kelas internasional. Tentunya ini menjadi hal yang sangat menarik bagi wisatawan yang ada di beberapa daerah.

Kawasan Mentawai juga sudah terpilih dalam kawasan dengan 10 ombak terbaik yang ada di dunia sehingga semakin menarik minat wisatawan pastinya. Saat ini juga sedang diadakan Festival Mentawai yang berpusat juga di Gedung Kementrian Pariwisata. Festival ini juga disebut sebagai Festival Pesona Mentawai 2016.

Mirisnya Wisata Mentawai

Dari segala hal indah yang ada di Mentawai begitu juga dengan alam dan juga fasilitas yang disediakan, ternyata semua ini masih belum bisa membuat masyarakat yang ada di sekitarnya sejahtera. Keadaan ini makin terasa miris ketika mengetahui bahwa kawasan Mentawai masuk dalam 76 daerah tertinggal padahal penduduk yang ada di Mentawai hanya sekitar 85.000 jiwa orang. Ternyata adanya banyak kegiatan di sebuah daerah belum tentu bisa mensejahterakan masyarakatnya.

Pemerintah pun sekarang sedang berputar otak untuk mengatur bagaimana caranya agar mereka yang berada di Kawasan Mentawai ini bisa lebih sejahtera. Ternyata salah satu penyebabnya adalah karena masih kurangnya pendidikan di kawasan Mentawai ini untuk masyarakat sehingga mereka masih sangat kekurangan edukasi mengenai sebuah bidang usaha.

Pada dasarnya sudah ada banyak sekali investor yang memberikan lapangan usaha juga UMKM untuk masyarakat namun memang masyarakat belum bisa mengelola dengan baik. Padahal sudah ada bidang usaha yang bisa diminati seperti adanya pengembangan sektor dalam masakan tradisional dan juga pada bidang souvenir. Oleh dari itu pemerintah sangat menyayangkan tindakan yang tidak bisa diambil oleh masyarakat ini.

Dalam waktu dekat ini pemerintah juga akan mengadakan semacam pembekalan terhadap masyarakat untuk membuat mereka bisa lebih sadar akan pentingnya sebuah pengembangan agar mereka juga bisa mendapatkan edukasi ini. Masyarakat akan semakin ditingkatkan dengan nilai pendidikan yang sangat penting untuk mereka dan akan membuat mereka lebih terbuka. Sehingga keadaan ekonomi pada daerah tersebut tidak akan lagi tertinggal dan akan semakin maju pastinya. Hal ini memang membutuhkan juga peran pemerintah dalam mewujudkannya dan juga dengan fasilitas yang memadai.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.