Pantai Telok, “Surga Tersembunyi” di Kota Malang yang Masih Jarang Dikunjungi Wisatawan

Bagi wisatawan, Kota Malang sudah cukup terkenal akan destinasi wisata nya yang beragam seperti wisata alam, wisata kuliner, wisata edukasi, wisata hiburan, dan lain sebagainya. Bahkan bisa dikatakan jika Malang adalah kota yang pas untuk wisata, karena lokasi nya yang strategis untuk berwisata. Berada di dataran tinggi membuat kota ini berhawa sejuk. Meskipun lokasi nya berada di dataran tinggi, Malang juga memiliki destinasi wisata pantai seperti daerah lainnya di Indonesia. Salah satu pantainya yang wajib dikunjungi adalah Pantai Telok yang berada di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. 

Pantai Telok ini menyuguhkan keindahan alam yang mempesona dan masih sangat alami karena masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini memiliki garis pantai yang tidak terlalu lebar dengan karakteristik ombak khas pantai selatan yang tergolong ganas. Walaupun demikian, pantai ini memiliki keindahan alam berupa pasir pantainya yang putih dan lembut serta di balut dengan jernihnya air laut sehingga membuat siapa pun terpesona saat berkunjung ke pantai ini. Sesampainya di pantai ini, kita akan disambut oleh sebuah pantai kecil yang sangat indah dan jauh mata memandang ada sebuah bukit besar menyerupai kura – kura raksasa.

Pantai ini memiliki karakteristik ombak yang cukup besar, sehingga bagi wisatawan yang berkunjung kesini disarankan untuk tidak  berenang. Saat sore menjelang, air laut di pantai ini mulai surut dan kamu bisa bermain air di sekitar bibir pantai saja namun tetap berhati – hati karena banyak bulu babi di sekitar karang pantai. Lokasi nya yang masih sepi pengunjung, membuat pantai ini minim akan fasilitas umum. Jadi, disarankan bagi kamu yang ingin berkunjung untuk membawa perbekalan masing – masing. Tapi jangan lupa untuk membawa kembali sampah nya ya!

Rute yang bisa dilewati untuk menuju Pantai Telok yakni dari Kota Malang , kamu bisa mengarahkan kendaraan kamu menuju Gadang-Bululawang-Turen dan ikuti saja jalur tersebut hingga Pantai Sendang Biru karena lokasi Pantai Telok searah dengan pantai tersebut. Namun sebelum sampai di Sendang Biru, kamu akan menemukan pertigaan yang terdapat papan petunjuk antara Pantai Sendang Biru dan Pantai Gua Cina. Kemudian kamu bisa mengambil arah ke Pantai Gua Cina dan memasuki jalur lingkar selatan. Namun untuk menuju ke Pantai Telok tidak ada papan petunjuk sama sekali, kamu bisa menitipkan kendaraan anda di pantai jelangkung karena merupakan pantai terdekat dengan pantai telok,setelah itu dilanjutkan tracking ke barat naik melewati bukit kecil.

 

 

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.