Keindahan Pantai Plengkung Banyuwangi

Pantai Plengkung Banyuwangi masuk di daerah Taman Nasional Maritim Alas Purwo yang ada di kawasan Jawa Timur. Ternyata daerah yang berada tepat di sebelah ujung timur dari Pulau Jawa ini menyimpan banyak sekali aneka ragam habitatnya dan juga tempat ini sangat terkenal ketinggian ombaknya yang mencapai 4 sampai 8 meter dan dengan panjang sampai dengan 2 kilometer, pantai ini sering sekali didatangi oleh wisatawan dari dalam ataupun luar negeri. Berdasarkan cerita, Pantai Plengkung Banyuwangi sering disebut G-land ini mungkin dikarenakan dari kata Grajakan, green atau great. Kata great ini mempunyai arti dari dahsyatnya ombak Pantai Plengkung Banyuwangi yang sangat terkenal. Tetapi, banyak juga yang menyebut bahwa Pantai Plengkung Banyuwangi ini mempunyai bentuk yang melengkung layaknya huruf G.

Di sekitaran Pantai Plengkung Banyuwangi ada resort yang disediakan untuk wisatawan dalam maupun luar negeri yang ingin menginap. Bangunan dari resort menyerupai sebuah wisma dan juga suasana alami hutan tropis yang letaknya berada tepat di hadapan pantai. Berdasarkan beberapa pengalaman wisatawan, untuk sampai ke Pantai Plengkung Banyuwangi ini menggunakan transportasi umum, Anda bisa menggunakan bus jurusan Banyuwangi arah Kalipahit atau kira-kira 60 km, kemudian dari Kalipahit Anda bisa melanjutkan perjalanan Anda dengan menggunakan ojek ke Pasar Anyar, kemudian dari Pasar Anyar, Anda bisa mencari tumpangan mobil pick up untuk sampai di Pos Pancur yang hanya berjarak kira-kira 8 km dari Pantai Plengkung Banyuwangi. Di ini disediakan helipad bagi Anda yang ingin melewati Pantai Plengkung Banyuwangi menggunakan transportasi udara.

Fasilitas yang disediakan di Pantai Plengkung Banyuwangi sudah lumayan lengkap, mulai dari fasilitas bungalow, jungle camp, restaurant, bar, dan juga fasilitas-fasilitas lainnya. Bagi Anda yang mempunyai hobi berselancar, di Pantai Plengkung Banyuwangi juga disediakan penyewaan papan selancar. Biasanya harga yang ditawarkan dari restaurant, bungalow ataupub bar dalam bentuk mata uang dollar, hal ini dikarenakan banyaknya wisatawan dari luar negeri yang datang mengunjungi Pantai Plengkung Banyuwangi. Taman Nasional Alas Purwo mengadakan acara pentas seni budaya rakyat di hari-hari tertentu yang menjadi hiburan tambahan bagi para wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Bagi Anda yang memiliki hobi selancar, waktu yang paling baik untuk Anda datang ke Pantai Plengkung Banyuwangi adalah pada bulan Juli sampai September, karena pada waktu tersebut ombak dari Pantai Plengkung Banyuwangi sedang dalam keadaan sangat bagus. Ombak di Pantai Plengkung Banyuwangi dibagi menjadi 3 jenis ombak, yaitu jenis many track waves dengan ketinggian 3 sampai 4 meter, speedis waves dengan ketinggian 5 sampai 6 meter, dan juga kong waves dengan ketinggian 6 sampai 8 meter. Bagi para pemula, many track waves sangat cocok digunakan karena untuk melatih skill yang mereka miliki.

Pantai Plengkung Banyuwangi sangat cocok bagi Anda yang mempunyai hobi selancar, tetapi bagi Anda yang tidak hobi, Pantai Plengkung Banyuwangi sangat wajib untuk Anda kunjungi. Karena Anda akan menyaksikan sendiri bagaimana keindahan dari Pantai Plengkung Banyuwangi, selain itu Anda juga bisa menikmati indahnya Taman Nasional Alas Purwo yang akan membuat Anda merasa takjub dengan semua habitat yang ada di Taman Nasional Alas Purwo. Selain berselancar, Anda juga bisa menikmati kegiatan snorkling, diving, memancing, melihat tempat penangkaran penyu, civing yang sudah disediakan di Pantai Plengkung Banyuwangi ini.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.