Pantai – Pantai di Pacitan yang Lokasinya Tersembunyi dan Cocok Untuk Melakukan Beach Camp

Terletak di ujung barat daya Provinsi Jawa Timur dan berada di pesisir laut membuat Pacitan memiliki berbagai destinasi wisata alam yang mempesona berupa pantai dan dihiasi dengan pegunungan kapur yang cukup tinggi. Untuk mencapai pantai – pantai tersebut, para wisatawan harus melewati akses jalan yang berliku dengan pegunungan kapur disisi kanan dan kiri. Namun tak perlu khawatir akan keindahan pantainya yang tidak kalah indahnya dengan pantai – pantai lainnya di Indonesia. Bahkan di pantai – pantai ini para wisatawan bisa melakukan beach camp atau berkemah. Daripada penasaran dimana saja lokasinya, simak ulasannya berikut ini ya!

1. Pantai Klayar

Pantai Klayar adalah salah satu pantai di Pacitan yang  belakangan ini mulai terkenal di kalangan wisatawan. Lokasinya berada di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur atau sekitar 40 km ke arah barat dari pusat kota. Pantai ini masih termasuk ke dalam jajaran pantai Selatan sehingga menawarkan suasana khas pantai Selatan seperti ombak yang cukup besar, pasir pantai yang berwarna putih dan bentang pantai yang indah. Salah satu keunikan dari Pantai Klayar yaitu ada sebuah batu karang yang memiliki celah dan dimana celah tersebut jika air laut masuk akan menimbulkan semburan air yang mirip air mancur raksasa dengan ketinggian hingga mencapai 10 meter.

2. Pantai Srau

Pantai Srau yang terletak di daerah Candi, Pringkuku, Kabupaten Pacitan ini semakin hits karena ketenarannya melalui Instagram. Pantai ini memiliki tiga lokasi pantai yang dimana di sebelah timur untuk melihat matahari terbit, di bagian barat untuk melihat matahari terbenam, dan yang bagian tengah memiliki pemandangan luas ke laut lepas, ditambah batu – batu besar yang berdiri gagah di tengah laut. Jarak tempuhnya sekitar 25 Km dari pusat kota sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin melakukan beach camp atau hanya sekedar melepas penat setelah sepekan disibukkan dengan aktivitas di kantor.

3. Pantai Buyutan

Pantai Buyutan terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan dan tergolong masih sepi pengunjung membuat pantai ini sangat cocok dijadikan sebagai salah satu lokasi tujuan untuk berlibur di akhir pekan. Pantai dengan pasir putih yang menghampar sepanjang tepiannya dengan air laut yang sangat jernih sungguh menyajikan pesona alam yang tidak terlupakan. Kita bisa saja berhenti sampai sini untuk menikmati pantai dari atas (lokasi ini merupakan salah satu lokasi paling tepat untuk menikmati sunset di pantai). Kita juga bisa menuju ke kawasan pantai dengan berjalan kaki karena kendaraan biasa tidak bisa turun ke areal pantai yang menurun dan berkelok curam. Pantai buyutan mempunyai ciri khas batu-batu karang yang beraneka bentuk, ada yg berbentuk mirip perahu, dan yang paling khas berbentuk seperti mahkota dewa

4. Pantai Ngiroboyo

Pantai Ngiroboyo merupakan salah satu Pantai yang ada di kabupaten Pacitan yang memiliki panorama alam yang sangat menarik. Pantai Ngiroboyo ini di kenal oleh masyrakat luas karena Tempat ini sering di jadikan event tahunan yaitu lomba ndayung, Lomba ndayung di selenggarakan di Pantai ini dengan menyusuri muara sungai yang terhubung dengan Sungai Maron, Sungai Maron Pacitan adalah salah satu tempat wisata yang ada di Kabupaten Pacitan yang memiliki panorama indah dan unik, Anda akan menyusuri sungai yang memiliki air yang cukup jernih. Aliran Sungai maron ini di kelilingi dengan pepohonan kelapa di sepanjang tepian sungai dan bermuara di Pantai Ngiroboyo. Secara geografis Lokasi Pantai Ngiroboyo terletak di dusun Sambi desa Sendang Kecamatan Donorojo kabupaten Pacitan provinsi Jawa – Timur.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.