Keistimewaan dan Keunikan yang Dimiliki Pantai Jogan Gunungkidul

Keindahan alam Gunungkidul tak ada henti – hentinya menyuguhkan panorama keindahan alam yang sangat mempesona. Perlu kamu ketahui bahwa diantara puluhan wisata pantai di Yogyakarta, Pantai Jogan Gunungkidul merupakan satu – satunya pantai yang paling unik. Dengan kata lain, ada sebuah keistimewaan dari pantai yang satu ini yang tidak dimiliki oleh sederet pantai yang membentang di pesisir Gunungkidul ataupun daerah lainnya di Yogyakarta. Bagaimana tidak? Di Pantai Jogan ini kamu akan melihat aliran air terjun yang tepat berada di bibir laut. 

Beberapa tahun lalu, keindahan Pantai Jogan ini belum terekspos sehingga tak banyak wisatawan asing maupun lokal yang datang ke tempat wisata ini. Lokasi Pantai Jogan sendiri tepat berada di arah barat Pantai Siung Gunungkidul. Setelah melewati jalanan beraspal dan tiba di kawasan pantai ini maka kamu akan melewati jalanan setapak dengan dua buah sungai kecil di sisi kiri yang nantinya akan menyatu membentuk air terjun. Namun, sayangnya keindahan Air Terjun Pantai Jogan sangat menarik jika disaksikan saat musim hujan tiba karena debit airnya yang cukup besar. Saat musim kemarau tiba, debit air terbilang sangat rendah.

Air Terjun Pantai Jogan ini memiliki ketinggian 10 meter dengan sumber air yang langsung jatuh dari atas tebing menuju bibir pantai. Ketinggian air terjun yang jatuh dari tebing menuju bibir laut sejenak mengingatkan kita pada panorama indah McWay Beach Waterfall yang berada di California. Jika ingin menikmati keindahan air terjun yang berpadu dengan pantai maka kamu bisa turun kebawah dengan menapaki turunan yang licin dan basah namun tetap harus berhati – hati. Tak hanya itu saja, kamu juga harus mengahadapi ribuan bayi kepiting transparan yang menghuni karang dimana tempat kakimu harus melangkah.

Tapi tak perlu khawatir takut tergigit, bayi – bayi kepiting tersebut tidak akan menggigit namun melewatinya dengan kaki telanjang nampaknya butuh nyali yang lebih. Semua pengorbanan kamu untuk melihat keindahan Air Terjun Pantai  Jogan akan terbayarkan setelah kamu sampai di bawah. Sejauh mata memandang horizon di depan, langit senja di atas Samudera Hindia sungguh terlihat menakjubkan. Sementara di belakang sana, gemuruh suara air terjun seolah mendendangkan orkestra alam yang menaikkan puji – pujian atas mahakarya Sang Pencipta.

Untuk tiket masuk nya kamu akan dikenakan sebesar Rp. 3 ribu untuk retribusi di Pantai Siung dan Rp. 2 ribu untuk parkir kendaraan roda dua. Air Terjun Pantai Jogan ini terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Share this:

Leave a comment