Pantai Jatimalang Purworejo, Keindahan Alam di Pesisir Selatan Jawa

Berbicara mengenai obyek wisata alam di Jawa Tengah memang tak akan ada habisnya apalagi jika berkunjung ke Kota Yogyakarta. Di kota Pelajar tersebut kita akan menemukan berbagai obyek wisata yang bermacam – macam mulai dari wisata kuliner, wisata budaya, wisata alam, wisata belanja dan lain sebagainya. Namun tahukah kamu jika Kabupaten Purworejo yang berbatasan langsung dengan Daerah Istimewa Yogyakarta juga memiliki pesona wisata alam yang tak kalah indahnya dengan Kota Jogja. Salah satu keindahan yang  ada di Kabupaten Purworejo adalah pantainya yang bernama Pantai Jatimalang. Pantai ini berada sekitar 60 kilometer dari Kota Yogyakarta atau lebih tepatnya berada di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo.

Pantai Jatimalang merupakan obyek wisata pantai yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar ketika  hari libur tiba atau bisa dibilang pantai tersebut merupakan pantai andalan di Purworejo. Berada di pesisi Selatan Jawa, pantai ini memiliki keindahan alam berupa pasir panti yang berwarna hitam yang halus serta deburan ombak yang terbilang cukup besar seperti kebanyakan pantai – pantai lainnya yang berada di pesisir selatan Jawa. Jadi untuk kamu yang ingin bermain di pesisir pantai harap berhati – hati mengingat deburan ombak yang cukup besar.

Namun untuk kamu yang tidak bisa bermain di pesisir pantai maka tak perlu khawatir karena tak jauh dari pesisir pantai terdapat kolam renang air tawar yang bisa kamu gunakan. Salah satu warga Jatimalang yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Angin Sepoi Pantai Jatimalang menuturkan jika masyarakat sekitar pantai menyediakan beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh wisatawan. Fasilitas tersebut berupa penyewaan payung pantai serta lapangan dadakan untuk para wisatawan yang ingin melakukan voli pantai.

Nah untuk kamu yang ingin merasakan suasana yang berbeda maka kamu bisa bersantai di kawasan tanaman cemara yang cukup rimbun dan memberikan suasana yang sejuk. Untuk bersantai kamu bisa membawa tikar karena disana belum ada fasilitas untuk menunjang para wisatawan yang datang. Tak hanya menawarkan keindahan alam saja namun Pantai Jatimalang juga menawarkan wisata sejarah berupa masjid yang merupakan petilasan Pangeran Diponegoro. Di masjid tersebut, Pangeran Diponegoro pernah singgah dan melakukan shalat.

Masjid yang menjadi petilasan Pangeran Diponegoro tersebut bernama Masjid Tiban. Di Pantai Jatimalang juga terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang digunakan oleh para nelayan sebagai lokasi untuk menyimpan hasil tangkapannya. Di sini juga banyak tempat makan yang menyediakan beragam olahan makanan laut. Untuk masuk ke obyek wisata ini setiap pengunjung dikenakan retribusi sebesar Rp. 3 ribu untuk hari bias, dan Rp. 4 ribu pada hari Minggu.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.