Pantai Indah di Kabupaten Jepara

Jepara memiliki destinasi wisata alam berupa pantai – pantai indah yang wajib dikunjungi. Salah satu nya adalah Pantai Kartini yang lokasi nya berada di Kecamatan Bulu, Kabupaten Jepara. Selain Pantai Kartini , masih ada lagi pantai – pantai lainnya yang bisa kamu kunjungi. Mau tahu dimana saja? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Karimunjawa

Pertama kali mendengar destinasi wisata yang satu ini tentunya sudah tak asing lagi dong ya! Pasalnya, Karimunjawa cukup identik dengan kota yang satu ini. Dengan luas 110.000 Ha, gugusan kepulauan di Karimunjawa mampu membuat siapa saja yang melihatnya terpesona akan keindahan alamnya. Mulai dari keelokan pantai, kecantikan pulau, kawasan perbukitan, hingga keindahan alam bawah lautnya begitu mengoda. Waktu terbaik untuk mengunjungi obyek wisata Karimunjawa yakni sekitar bulan September hingga Oktober. Untuk sampai ke Karimunjawa, kamu bisa menggunakan kapal dari Pelabuhan Kartini atau bisa juga menggunakan pesawat dari Semarang.

2. Pulau Panjang

Pulau Panjang merupakan pulau kecil yang terletak di Kelurahan Ujung Batu, Jepara, Jawa Tengah. Pulau ini termasuk pulau yang masih perawan karena belum banyak dijamah oleh orang. Pulau ini juga masih terlihat begitu alami dan sepi sehingga mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Keindahan Pulau Panjang tak juga kalah dengan keindahan pulau lain yang ada disekitarnya. Pulau Panjang memiliki keistimewaan yaitu pasir putih dikelilingi dengan laut dangkal dan memiliki perairan jernih serta memiliki terumbu karang yang indah. Pada bagian tengah pulau ini terdapat hutan tropis yang memiliki pohon tinggi yang  menjulang serta terdapat perdu dan semak sebagai tempat burung laut berkembang biak.

3. Pantai Tirta Samudra, Bandengan

Pantai Tirta Samudra atau yang lebih dikenal oleh masyarakat sekitar dengan nama Pantai Bandengan memiliki nuansa wisata pantai yang indah. Pasir putih dan air yang jernih khas pantai berkarang dapat ditemui disini. Pantai Bandengan terletak di kabupaten Jepara, tepatnya terletak di Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Pantai Tirta Samudra (Pantai Bandengan) memiliki potensi wisata yang tidak kalah dengan wisata pantai umumnya. Pasir putih dan air yang jernih merupakan andalan dari keberadaan wisata pantai ini. Ciri khas pantai berkarang dengan air jernih dengan keadaan laut yang cukup landai dan ombak tidak terlalu besar.

4. Pantai Bondo

Pantai  Bondo juga bisa dijadikan sebagai salah satu lokasi wisata saat kamu sedang berkunjung ke Jepara. Pantai Bondo atau masyarakat sekitar lebih mengenalnya dengan nama Pantai Ombak Mati adalah salah satu pantai tercantik di Jepara yang terletak di desa Bondo Bangsri Jepara. Dinamakan Pantai Ombak Mati karena ombak di pantai ini benar – benar hampir tidak ada. Suasana pantai ini cukup sepi dan tenang, jadi sangat cocok untuk kamu yang menginginkan berlibur dengan suasana sepi dan tenang.

5. Pantai Benteng Portugis

Pantai Benteng Portugis berlokasi di Desa Banyumanis, Kecamatan Donorejo, Jepara. Sesuai dengan namanya, pantai ini terdapat Benteng Portugis yang dibangun oleh Portugis untuk melindungi kepentingan dagang mereka dari Belanda. Di seberang benteng, terdapat pulau kecil bernama Pulau Mondoliko atau Mandalika. Ada mitos yang berkembang di kawasan ini yakni adanya pusaran air laut di selat antara Benteng Portugis dengan Pulau Mondoliko. Konon pusaran air laut itu adalah pintu gerbang Keraton Luweng Siluman yang dirajai Siluman Bajul Putih. Setiap ada orang berkulit putih seperti bangsa Portugis akan tersedot ke dalam laut entah hilang kemana.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.