Keindahan Pantai Carocok Painan yang Tak Terlupakan

Mengunjungi Sumatra Barat tentu tidak lengkap jika tidak mengunjungi pantai Carocok Painan. Ini adalah salah satu kawasan wisata pantai yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Keindahan alamnya yang memikat, pasir putihnya yang berkilau, serta pemandangan matahari terbenam yang sangat indah tentu sayang jika dilewatkan begitu saja.

Lokasi pantai

Pantai Carocok ini sendiri berada di Kecamatan IV Jurai, bagian barat kota Painan atau sekitar 2 km dari pasar painan. Jika Anda hendak mengunjungi kasawan ini dari Padang maka jaraknya hanya sekitar 2 jam atau sekitar 77 KM. Tidak jauh dari lokasi pantai terdapat sebuah pulau kecil yang mempunyai sejarah yang cukup menarik, yang bernama pulau Cingkuak. Mengunjungi pulau ini membuat Anda menjadi salah satu saksi sejarah perjuangan Indonesia melawan Portugis. Anda akan menjumpai reruntuhan benteng Portugis yang menurut sejarah ini adalah pulau pertama Portugis menjejakkan kaki di pesisir Sumatra.

Keindahan alam

Tidak akan habis kata-kata untuk mengungkapkan betapa indahnya kawasan pantai yang satu ini. Memasuki pantai ini Anda akan dihadapkan dengan pasir pantai yang berwarna putih berkilauan ketika terkena sinar matahari. Gelombang air laut yang tenang, tentu membuat siapa saja akan merasa tenang ketika melihatnya. Pemandangan matahari yang menabjubkan, pemandangan alam bawah laut yang indah, dll. Yang pasti ini akan menjadi sebuah pengalaman yang menarik untuk Anda. Anda juga dapat berjalan-jalan di atas jembatan yang sengaja dibangun oleh PEMKAB pesisir Selatan Pulau Batu Kereta. Jembatan ini akan menghubungkan antara pulau batu karang dan ujung bukit Langisau yang bernama Pulau Batu Kereta.

Jika Anda ingin mengunjungi pulau cingkuk, tidak perlu repot. Berdiri saja di ujung jembatan pantai Carocok maka akan dating beberapa tukang perahu yang akan mengantarkan Anda ke pulau Cingkuk menggunakan perahu dengan mesin temple, biaya untuk menyewa perahu ini juga tidak terlalu mahal hanya Rp 10.000.

Fasilitas

Anda tidak perlu khawatir tentang fasilitas yang ada di kawasan wisata ini. Jikalau Anda lapar, kunjungi saja beberapa restoran yang ada di sekitar pantai ini, dan menu yang akan diberikan pun khas yaitu ikan. Tidak hanya itu, di kawasan ini juga sudah dilengkapi dengan mushola, untuk beribadah.

Tempat parkir yang luas akan membuat para pengunjung merasa nyaman untuk menempatkan kendaraannya. Biaya masuk ke kawasan ini juga tidak terlalu mahal, hanya sebesar Rp 2500,-, biaya sebesar itu tentu tidak akan menguras kantong Anda.

Tidak hanya itu di kasawan ini Anda yang gemar olahraga air dapat menyewa banana boat untuk digunakan bersama teman lainnya. Bagi Anda yang gemar memacu adrenalin tidak ada salahnya untuk mencoba jes ski di kawasan ini, mengunjungi beberapa kawasan sekaligus seperti pulau Aur Kecil, Pulau Cingkuk, dan Pulau Batu Kereta, tentu akan semakin menarik. Tidak hanya itu melakukan snorkeling untuk menikmati pemandangan bawah laut juga dapat anda lakukan disini. Tentu akan menyenagkan dapat melihat aktifitas ikan-ikan unik dan terumbu karang di kawasan ini.

Tidak lengkap jika mengunjungi kasawan ini tidak membelikan souvenir, di kawasan ini juga terdapat beberapa kios souveinir khas pantai ini. Harga souvenirnya pun tidak terlalu mahal, jadi Anda dapat membeli souvenir lebih banyak utnuk teman dan saudara tercinta.

Yang terpenting ketika mengunjungi kasawan ini adalah membawa kamera, untuk dapat mengabadikan moment berharga yang dapat Anda bagikan pada teman atau saudara tercinta. Pemandangan di kawasan pantai Carocok Painan ini tidak kalah menarik dengan pantai-pantai terkenal yang ada di Indonesia seperti Kuta, Sanur, dll.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.