Pantai Air Dao, Pesisir Pantai Kupang yang Wajib Untuk Dikunjungi

Beragam lokasi eksotis dapat ditemukan saat berada di Kupang walau memang sejumlah tempat belum mendapat pengelolaan yang baik dan belum begitu banyak terjamah. Bisa dikatakan, Kupang adalah surganya para pecinta wisata pantai karena dari puluhan kilometer garis pantai yang membentang di wilayah Ibukota NTT ini Kupang menyuguhkan berbagai panorama keindahan pantai yang memiliki keunikan tersendiri.

Mungkin selama ini hanya beberapa pantai saja yang sudah terkenal di Kupang seperti Pantai Lasiana, Pantai Batu Nona, hingga Pantai Tablolong. Selain sudah terkenal di masyarakat luas, pantai – pantai tersebut juga memiliki fasilitas yang sudah memadai dan sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah. Tahukah kamu jika di Kupang juga terdapat salah satu pantai yang meskipun namanya belum terlalu dikenal di kalangan wisatawan dan belum dikelola oleh pemerintah namun menyuguhkan keindahan alam yang sangat mempesona yaitu Pantai Air Dao.

Berbeda dengan pantai pada umumnya yang berpasir, pantai ini berlumpur. Jika terlihat sekilas, pantai ini hanya terdiri dari bebatuan karang dan pepohonan di sepanjang pinggir pantai. Keindahan pantai ini membuat wisatawan yang datang berkunjung merasa takjub dengan keindahannya. Pantai dengan biota laut yang sangat indah, bebatuan karangnya yang berwarna, gua – gua dipinggiran pantai yang dengan stalaktit yang mempesona, hingga aktivitas para nelayan pencari ikan dan juga Pelabuhan Bolok, Tenau dan Angkatan Laut. Saat sore menjelang, kamu akan melihat keindahan sunset yang dapat memanjakan mata kamu dengan keindahannya yang sangat mempesona.

Tak hanya itu, tebing bebatuan yang menghampar panjang di pantai juga menjadi pemandangan yang elok dan melihat gugatan atau pola lekukan warna – warni pada dinding tebing. Jika ingin merencanakan liburan di kawasan ini, jangan luap untuk membawa kamera ataupun handphone untuk mengabadikan momen – momen keindahan saat berada di Pantai Air Dao. Saat air sedang surut kamu akan menemukan berbagai macam biota laut seperti bintang laut, bulu babi hingga berbagai ikan yang berwarna – warni.

Untuk menuju ke pantai ini, aksesnya terbilang tidak terlalu sulit karena adanya angkutan umum dengan tujuan Kupang – Bolok yang berangkat dari terminal Kupang. Untuk tarif sekali jalan, kamu cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp. 5 ribu per orangnya. Kepada kondektur mintalah turun pangkalan ojek yang berada di dekat pelabuhan perikanan milik Dinas Perikanan dan Keluatan NTT. Selanjutnya, untuk mencapai lokasi kamu berjalan kaki menuruni bukit sekitar lima menit. Dan usahamu ke lokasi ini akan terbayar dengan pemandangan yang luar biasa yang membuatmu tidak pernah menyesal ke tempat ini.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.