Panorama Keindahan yang Ditawarkan di Pulau Mursala

Sumatera merupakan sebuah provinsi yang memiliki sejumlah obyek wisata yang unik, baik wisata alam maupun budaya nya. Beberapa obyek wisata tersebut sudah dikenal luas hingga ke mancanegara seperti Danau Toba yang menawarkan panorama keindahan yang sangat memukau. Tak hanya Danau Toba saja yang bisa kamu kunjungi ketika menyambangi Pulau Sumatera namun destinasi wisata lainnya yang bisa kamu sambangi adalah Pulau Talam, Blue Spot, Pulau Badalu di Kepulauan Mursala, Pantai Merah dan Pantai Turetelo di Nias Utara. Berikut paparan mengenai destinasi wisata tersebut.

1. Pulau Talam

Tentu sangat jarang, laut bening dan memantulkan warna hijaunya seperti kaca. Hal tersebut bisa kamu temui di Pulau Talam yang terletak di Kepulauan Mursala Kecamatan Barus, Tapanuli Tengah Provinsi sumatera Utara. Pulau Talam memiliki gradasi warna laut yang dipadu dengann hijau lumut dan biru cerah yang merupakan warna ganggang yang berada di dasar laut lalu terkena cahaya sehingga terpancar keindahannya. Tak sampai disitu saja, keindahan lainnya yang dimiliki Pulau Talam adalah hamparan pasir putih yang sangat halus dan berwarna putih sehingga dapat memanjakan siapa saja yang melihatnya.

2. Blue Spot

Warna biru di seberang Pulau Talam ini juga menambah keindahan Kepulauan Mursala yang terbilang sangat luas. Keindahan tersebut tak boleh kamu lewatkan jika sedang berkunjung ke kawasan tersebut.

3. Pulau Badalu

Pulau Badalu juga menawarkan keindahan yang sangat memukau dan tak kalah indahnya dengan Pulau Talam. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan melihat terumbu karang tanpa harus melakukan penyelaman ke permukaan laut. Pemandangan bukit – bukit yang berwarna hijau serta deretan pepohonan yang tersusun rapi menambah keindahan dari Pulau Badalu ini. Tiga destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi ketika menyambangi Kepulauan Mursala adalah Pulau Talam, Pulau Badalu dan Blue Spot yang menawarkan keindahan cukup mempesona. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke kawasan ini maka harus menyewa kapal sendiri atau bisa juga mengikuti tour trip wisata. Sesampainya disana, kamu tak akan menyesal melihat keindahan alam yang masih alami.

Nah kalau kamu tidak ingin menyewa kapal maka pilihan lainnya yang bisa dijadikan sebagai alternatif adalah dengan mengikuti trip wisata yang membuka tour ke Kepulauan Mursala. Dengan mengikuti jasa trip wisata tersebut, kamu tidak akan kesulitan untuk mencari penginapan dan mengatur jadwal tour selama di pulau tersebut. Jasa trip wisata tersebut biasanya dibuka ketika Liburan Natal dan Liburan Tahun Baru tiba. Untuk tarif trip wisata tersebut dibanderol mulai dari Rp. 1,2 juta hingga Rp. 1,7 juta.

Dengan harga segitu, maka fasilitas yang akan kamu dapatkan sebanding  dengan banderol yang kamu keluarkan Fasilitasnya antara lain penginapan di Pulau Kaban Barat, sewa kapal selama 2 hari, transportasi darat menggunakan bus dari Medan menuju Sibolga, makan, dan bonus wisata mengunjungi ke beberapa pulau yang ada di kawasan Kepulauan Mursala.

Jika kamu berlibur dengan keluarga atau pasangan maka kamu bisa menyewa kapal dengan tarif Rp. 1,5 juta. Harga tersebut sudah termasuk dengan awak kapal dan pengemudi kapal yang siap mengantar kamu menuju Kepulauan Mursala untuk berlibur. Selain Pulau Talam, Pulau Badalu dan Blue Spot yang bisa kamu kunjungi, ada juga destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di kawasan Nias Utara yaitu Pantai Merah dann Pantai Tureloto yang masih alami keindahannya dan belum dijamah tangan manusia.

4. Pantai Pasir Merah

Disebut sebagai Pantai Pasir Merah karena pantai di daerah ini berwarna merah sehingga masyarakat sekitar menyebutnya dengan sebutan Gawu Sayo. Pantai ini terletak di Desa Ombolata Kecamatan Afulu, Nias Utara Provinsi Sumatera Utara. Keunikan yang bisa kamu temui disini adalah pasir pantai yang berwarna merah hanya membentang 1 km saja sedangkan pasir lainnya berwarna putih sama halnya dengan pantai – pantai lainnya yang ada di Pulau Nias. Dari kejauhan pasir tersebut terlihat seperti tanah liat yang memiliki warna merah yang sangat pekat namun jika dipegang ternyata pasir tersebut berbentuk bulir – bulir yang sangat halus. Pantai Pasir Merah merupakan satu – satunya pantai dengan pasir berwarna merah di pulau Sumatera.

5. Pantai Tureloto

Pantai Tureloto merupakan sebuah pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia yang terkenal mempunyai ombak yang cukup besar, namun jika kamu berkunjung ke kawasan pantai ini tak perlu khawatir karena disini tidak terdapat ombak besar. Hal tersebut dikarenakan terdapatnya gugusan karang yang berada di beberapa ratus meter dari bibir pantai yang berjajar menyerupai sebuah benteng sebagai pemecah ombak. Keindahan Pantai Tureloto layak disetarakan keindahannya dengan pantai – pantai yang berada di Pulau Bali dan Pulau Lombok.

Keindahan yang bisa kamu lihat selain biru nya air laut dan hamparan pasir yang berwarna putih adalah batu karang raksasa yang berada di pinggir pantai. Batu – batu karang tersebut memiliki bentuk – bentuk yang cukup unik yaitu ada yang berbentuk menyerupai otak manusia sehingga disebut sebagai Batu Otak. Pantai ini berjarak sekitar 60 km dari pusat kota Gunung Sitoli atau 80 km dari Bandara Bhinaka. Untuk menuju pantai ini kamu dapat menempuh perjalanan dari Kota Gunung Sitoli atau dari Bandara Binaka Nias dengan menggunakan kendaraan mobil carteran yang ada di bandara.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.