Deretan Obyek Wisata di Pulau Lombok yang Wajib Dieksplore Keindahan Alamnya

Untuk kamu yang saat ini sedang menikmati liburan panjang dengan berkunjung ke luar kota , mungkin Lombok bisa dijadikan sebagai salah satu obyek wisata untuk mengisi waktu liburan kamu. Rasanya sudah tak asing lagi saat pertama kali mendengar nama pulau yang satu ini. Keindahan alamnya yang mempesona mulai dari pantai yang dibalut dengan hamparan pasir putih serta air laut yang jernih. Pulau ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berlibur bersama anak – anak dan keluarga. Nah, dibawah ini ada beberapa lokasi yang bisa kamu kunjungi selama berlibur di Pulau Lombok. Diantaranya adalah:

 

1. Pantai Senggigi

Pantai ini menjelma menjadi salah satu tempat menarik di Lombok dengan pemandangan garis pantainya yang panjang, terlihat indah bila dipandang dari kejauhan dan ketinggian. Terletak di sebelah Barat Pulau Lombok menjadikan obyek wisata yang satu ini tampak lebih indah dengan pemandangan pantai dan bawah lautnya. Air laut Pantai Senggigi begitu jernih dan bersih, bahkan kamu juga bisa melihat langsung kawanan ikan yang berenang dengan bebasnya di laut Senggigi. Disana kamu bisa melakukan beragam aktivitas mulai dari snorkeling hingga bersantai di tepi pantai. Di kawasan ini hempasan ombaknya tidak terlalu besar sehingga pengunjung yang dapat melakukan snorkeling dengan aman. Keindahan terumbu karang hingga menjulang ke tengah yang dapat memecah ombak di tengah. Namun untuk kamu yang ingin bermalkam di kawasan ini, disini juga terdapat beberapa fasilitas penginapan yang menawarkan harga cukup terjangkau.

2. Batu Bolong

Obyek wisata lainnya yang masih berada di kawasan Pantai Senggigi adalah Batu Bolong. Jarak tempuhnya dari Pantai Senggi pun tak begitu jauh hanya setengah jam saja jika berjalan kaki. Di sini kita bisa melihat pemandangan Pantai Senggigi yang indah dan di waktu – waktu tertentu kita juga bisa melihat pemancing – pemancing tradisional yang sedang mencari ikan dengan cara menceburkan diri ke dalam laut. Melihat matahari terbenam (sunset) merupakan momen yang selalu ditunggu – tunggu wisatawan di sepanjang pesisir pantai barat Pulau Lombok. Banyak tempat untuk melihat sunset dengan latar belakang Gunung Agung di Pulau Bali. Pada zaman dahulu menurut legendanya, kawasan ini merupakan tempat untuk pengorbanan wanita perawan yang akan dimakankan kepada ikan hiu.

3. Batu Layar

Batu Layar adalah salah satu nama desa yang terletak di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat. Saat berkunjung kesini, sempatkanlah untuk mengunjungi wisata religi yang ada di sana yaitu Makam Batu Layar. Makam Batu Layar terletak di daerah perbatasan yang memasuki area Senggigi. Makam Batu Layar ini sangat banyak dikunjungi oleh peziarah dari berbagai daerah di Lombok hampir setiap tahunnya. Puncak ramai Makam Batu Layar adalah pada saat lebaran topat, yaitu perayaan lebaran yang diselenggarakan pada saat 7 hari setelah Hari Raya Idul Fitri.

4. Pulau Gili Lombok

Pulau – pulau kecil yang terdapat di sekitaran Pulau Lombok atau biasa disebut Gili juga tak kalah menariknya dengan keindahan obyek wisata lainnya yang terdapat di Pulau Lombok. Nah, dari sekian banyak gili yang terdapat di Pulau Lombok ada sekitar tiga gii yang terkenal dan selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yaitu Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan. Gili – gili tersebut memiliki keindahan alam yang sangat mempesona mulai dari pantai yang bersih serta dibalut dengan keindahan pasir putih yang sangat mempesona dan taman laut yang indah dan menjadi habitat berbagi hewan laut.

5. Pantai Sekotong

Obyek wisata lain yang tak kalah indahnya adalah Pantai Sekotong, terletak di Kecamatan Sekotong – Lombok Barat. Memiliki jarak 60 km dan waktu tempuh sekitar 1 jam sehingga memudahkan  para pengunjung untuk berkunjung ke lokasi wisata ini. Keindahan pantai dengan pasir putih yang berkilau, air laut yang membiru, dan beberapa panorama alam nan mempesona bisa dinikmati di obyek wisata ini. Kawasan ini pun belum banyak dijamah oleh manusia sehingga lingkungan sekitarnya pun masih asri dan bebas darii polusi udara.

6. Taman Nardama

Taman Narmada terletak di Desa Lembuah, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, sekitar 10 kilometer sebelah timur Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Taman dengan luas 2 ha ini dibangun pada 1727 oleh Raja Mataram Lombok, Anak Agung Ngurah Karang Asem, sebagai tempat upacara Pakelem yang diselenggarakan setiap purnama kelima tahun Caka (Oktober – November). Selain tempat upacara, Taman Narmada juga digunakan sebagai tempat peristirahatan keluarga raja pada saat musim kemarau.

7. Gili Nanggu

Tak hanya Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan saja yang terkenal akan keindahannya. Namun ada satu gili yang terkenal akan keindahannya yaitu Gili Nanggu. Di obyek wisata yang satu ini, kamu bisa melihat berbagai keindahan terumbu karang serta ikan hias yang memiliki jarak hanya 5 meter saja. Pulau kecil ini memiliki luas sekitar 12,5 Ha dan berada di Barat Lombok dan dikelola dengan konsep Forest/Virgin Island, sehingga masih memiliki alam yang asri dan alami. Ketenangan dan keasriannya menjadikan Gili Nanggu sebagai tempat kunjungan rutin banyak tamu mancanegara. Gili Nanggu dijuluki: Paradise Island.

8. Air Terjun Sendang Gila

Air Terjun Sendang Gila terletak di desa Senaru, kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Utara, propinsi Nusa Tenggara Barat. Air Terjun ini berasal dari mata air Gunung Rinjani yang cukup jauh dari suasana perkotaan sehingga udaranya masih terasa sejuk dan alami. Air Terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 32 meter dan terdiri dari dua bagian. Orang sekitar mempercayai jika air di kawasan tersebut dapat membuat seseorang menjadi awet muda.

9. Pantai Kuta

Pantai Kuta biasanya identik dengan pantai yang paling terkenal di Pulau Bali. Bila kamu berpikir bahwa Pantai Kuta Bali merupakan pantai yang sangat indah, maka kamu akan takjub saat mengunjungi Pantai Kuta Lombok ini. Terletak di wilayah selatan Pulau Lombok, pantai nan indah ini memiliki hamparan pasir yang lebih bersih dan putih serta garis pantai yang lebih bergelombang, dengan jajaran terumbu karang yang sehat sehingga menyuguhkan pemandangan alam yang romantis nan menakjubkan. Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 7,2 Kilometer. Di bagian sebelah barat pantai, terdapat sebuah bukit yang dinamai Bukit Mandalika. Setelah kamu sampai di lokasi pantai, banyak sekali aktivitas yang bisa kamu lakukan di pantai nan menakjubkan ini mulai dari snorkling, berselancar, atau hanya sekedar bermain air sembari menanti sunset yang indah. Sekitar 2 km sebelah timur Pantai Kuta, kamu juga bisa mengunjungi Pantai Seger. Lokasinya masih berada pada garis pantai yang sama dengan Pantai Kuta.

10. Gunung Rinjani

Gunung yang memiliki ketinggian 3.726 mdpl ini merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dan merupakan gunung favorit untuk melakukan pendakian. Di sini juga terdapat danau yang sangat indah yaitu Danau Segara Anak. Di danau ini banyak terdapat ikan sehingga orang datang ke sana bukan saja menyakisikan ke indahan alamnya tapi juga ingin merasakan suasana mancing di tengah pegunungan yang tenang dan sejuk. Tidak heran jika UNESCO tergoda untuk menjadikan rinjani sebagai salah satu kandidat geopark internasional.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.