Mendaki Saat Musim Hujan? Ini Tips nya…

Belakangan ini aktivitas mendaki gunung menjadi salah satu aktivitas paling menyenangkan untuk mengisi liburan. Namun, bagaimana jika mendaki gunung saat musim hujan tiba? Amankah? Mungkin itu pertanyaan yang akan muncul sebelum kamu melakukan aktivitas tersebut. Mendaki gunung saat musim hujan memang terasa lebih menantang apalagi ditambah dengan cuacanya yang dingin dan hujan yang membuat jalur pendakian menjadi licin dan sulit untuk di lewati. Nah, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu catat dan lakukan sebelum melakukan pendakian saat musim hujan tiba. Diantaranya adalah :

1. Selalu mengecek prakiraan cuaca

Untuk mengecek prakiraan cuaca, kamu bisa memantau laman BMKG melalui aplikasi Accu Weather yang tersedia di aplikasi Android. Aplikasi ini tentu sangat penting untuk mengetahui jika tiba – tiba hujan akan turun. Namun jika hujan tiba – tiba turun lebat, tak ada salahnya kamu menunda atau membatalkan pendakian demi keselamatan.

2. Bijak memilih gunung akan didaki

Ada baiknya jika sebelum merencanakan pendakian, mempelajari gunung yang akan didaki dan memilih gunung yang gampang untuk di daki naik dan turun dalam waktu satu hari dan juga memiliki banyak shelter. Pastikan gunung yang akan kamu daki memiliki jalur yang pendek dan tidak terlalu terjal. Karena jika kamu memilih jalur pendakian yang panjang dan harus bermalam pada musim hujan maka resiko hipotermia lebih besar.

3. Bawa perlengkapan yang memadai

Membawa perlengkapan yang memadai menjadi hal yang penting saat melakukan pendakian. Pastikan barang bawaan kamu selama mendaki tidak terlalu berat dan tidak membawa barang terlalu banyak agar lebih simpel dan efisien. Jangan lupa juga untuk melapisi tas dengan kantong kedap air atau raincover.

4. Berdoa

Berdoa adalah salah satu hal yang paling wajib sebelum melakukan kegiatan  termasuk mendaki gunung. Dengan berdoa menurut kepercayaan masing – masing setiap pendaki. Pasalnya, keselamatan hanya datang dari Tuhan Yang Maha Esa.

 

5. Barang yang wajib dibawa

Barang – barang seperti payung, tracking pole, kanebo, sepatu kedap air, jaket waterproof, tali, pakaian hangat cadangan dan celana waterproof wajib banget untuk kamu bawa. Jangan lupa juga membawa makanan sehat seperti buah dan sayur serta obat – obatan secukupnya.

7. Lakukan persiapan yang matang

Baik secara mental, perlengkapan, dan fisik, pastikan persiapanmu matang. Untuk soal fisik, lebih baik seminggu sebelum pendakian, jaga kesehatan, banyak minum air putih, olahraga, rutin mengonsumsi vitamin, serta pastikan kondisi perlengkapan yang dibawa selalu baik.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.