Menara Masjid Agung Medan, Menara Tertinggi Ketiga Di Dunia Segera Dibangun

Masjid Agung Medan memang memiliki keunikan dan juga daya tarik tersendiri sehingga tak heran jika banyak sekali wisatawan yang mana mengunjungi Masjid Agung tersebut. Kemegahan yang mana disuguhkan oleh Masjid Agung tersebut tentu saja menjadi buah bibir dari para pengunjung, bahkan area parkir dari Masjid tersebut jauh lebih luas jika dibandingkan dengan Masjid Raya Medan yang mana menjadi ikon masjid di Sumatera Utara. Masjid Agung sendiri bisa dibilang menjadi salah satu destinasi yang favorit untuk melakukan wisata religi setelah Masjid Raya Medan. Kubah pada Masjid Agung yang berwarna keemasan, sehingga terlihat berkilau dari jauh, terlebih lagi pada saat matahari sedang terik menjadi keunikan tersendiri. Silaunya sendiri akan semakin membuat kesan dari kubah yang mewah tersebut seperti kilauan emas sungguhan. Tetapi ternyata kemegahan dari masjid tersebut nantinya akan dibuat semakin menarik dan membahana karena ada rencana untuk membuat menara setinggi 199 meter yang mana dicanangkan akan menjadi masjid dengan menara tertinggi ketiga yang ada di dunia. Wakil dari Ketua panitia pengembangan Masjid Agung sendiri mengatakan jika nantinya bangunan dari masjid tidak akan ada pembongkaran. Jika sebelumnya masjid tersebut hanya dapat menamping 1.200 anggota jamaah, keudian jika terdapat tambahan 500 orang saat perayaan agama. Kemudian untuk area parkirnya sendiri menampung 125 mobil dan juga 500 sepeda motor. Kemudian juga terdapat fasilitas lain seperti TPA dan juga kantin, nantinya pembangunan dari bangunan yang baru tersebut untuk bisa menampung jamaah yang lebih banyak lagi.
Peletakan Batu Pertama
Beberapa waktu yang lalu, sudah dilakukan peletakan batu pertama, dan bangunan dari masjid yang baru tersebut akan dibandung di atas tanah yang memiliki luas 5.000 meter persegi dan dapat menampung 5.000 orang dengan tambahan 2.000 orang. Masjid tersebut juga akan terdiri dari tiga lantai yang memiliki kapasitas parkir 400 mobil dan juga 1.000 sepeda motor. Desain dari masjid baru tersebut juga akan terdapat 2 menara yang memiliki tinggi 199 meter dan dirancang oleh beberapa arsitek yang berasal dari kota Medang, untuk pembangunannya sendiri diperkirakan akan menghabiskan dana ratusan miliar. Menara dari Masjid Agung Medan tersebut nantinya akan menjadi yang tertinggi di Asia dan juga tertinggi ketiga di dunia di tahun 2018 mendatang. Urutannya sendiri adalah setelah menara dari Masjid Nabawi. Sebelumnya Menteri Agami RI juga datang untuk meletakan batu pertama yang mana sebagai tanda resmi awal dari pengembangan dan juga pembangunan dari masjid tersebut. Dan Menteri Agama secara pribadi menyumbang Rp 100 juta. Masjid Agung ini juga bisa dibilang cukup fenomenal karena ada di kawasan perkantoran dari pemerintahan, kemudian perusahaan swasta dan juga pusat perbelanjaan. Masjid ini juga selalu ramai dikunjungi karena memang menjadi lokasi untuk beribadah bagi para pegawai negeri maupun swasra yang dekat dengan masjid tersebut, belum lagi para wisatawan yang melakukan wisata religi. Selain itu juga akan terkoordinir karena nantinya setiap jamaah akan diarahkan untuk meletakan sandal dimana, kemudian untuk mengambil wudhu dan juga meminjam muken, Al Quran maupun sarung dimana.
Kenyamanan Jamaah
Pelayanan tersebut juga dilakukan agar nantinya para jamaah bisa merasa nyaman di dalam menyambangi rumah Allah tersebut untuk bisa menyempurnakan ibadah. Pengunjung yang datang hanya untuk parkir sendiri juga tidak sedikit karena sering pengunjung yang mengunjungi gedung Sun Plaza malas untuk parkir di dalam. Selain itu juga terdapat pintu yang bisa tembus ke pintu masuk Sun Plaza, namun memang biasanya digembok untuk menghindari pengunjung Masjid yang hanya numpang parkir untuk menghemat jalan agar bisa langsung masuk ke Sun Plaza tersebut.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.