Melihat Keindahan Air Terjun 7 Tingkat di Kalimantan Barat

Siapa bilang hanya kawasan Jawa yang memiliki obyek wisata andalan, nyatanya ada banyak sekali pulau-pulau luar Jawa yang juga memiliki keindahan alam namun sayangnya belum terlalu banyak yang ter ekspos, salah satunya adalah pulau Kalimantan atau Borneo ini. Saat kamu berkunjung ke kawasan yang satu ini sebagian banyak yang dilihat mungkin hanyalah hutan. Namun jangan salah karena dari hutan itulah tersembunyi beberapa obyek wisata yang menarik untuk dilihat. Diantaranya adalah sebuah air terjun yang berada di kawasan Kalimantan Barat. Nama air terjun ini adalah air terjun rombo dait.

Tentunya banyak diantara Anda yang penasaran untuk melihat keelokan dari pesona alam yang satu ini bukan, namun jangan buru-buru karena lokasinya sendiri cukup jauh dari pemukiman, Anda setidaknya harus berjalan masuk ke dalam hutan untuk melihat kecantikan dari air terjun tersebut. Kalbar memiliki potensi wisata yang sebagian banyak memang berada di dalam hutan, karena masih banyak yang belum menjamah keelokan dari wisata alam yang ada disini.

Destinasi wisata alam air terjun tersebut tak bisa sembarangan di datangi, mengingat untuk mencapai lokasi tersebut membutuhkan perjuangan yang tak main-main, setidaknya kamu harus berjuang dalam melalui jalanan yang terjal dan juga masuk-masuk hutan, anggap saja ini sebagai petualangan dalam menjajakai hutan Borneo jalanan disini sangat menantang, namun justru disinilah nilai kesenangan yang akan kamu dapatkan, mengingat pemandangan alam yang disaksikan akan memanjakan mata Anda.

Kawasan jalan yang ada disini sangat cocok dijadikan sebagai olahraga hiking maupun untuk tracking, namun meskipun begitu kamu juga harus berhati-hati, jalur off the road ini karena masih hutan belantara tak jarang ada beberapa jenis hewan liar yang mengintai Anda seperti ular. Setibanya di air terjun tersebut nantinya perjalanan Anda akan dibayar dengan sangat mahal melihat pemandangan yang ditawarkan, ada air terjun nan cantik dibalut dengan pepohonan besar yang ada di sesampingnya.

Cucuran air yang turun bisa langsung kamu nikmati kesegarannya, waktu paling tepat untuk datang ke air terjun yang satu ini sebenarnya adalah pada saat jam 1 siang, jangan datang terlalu petang karena lokasi akan sangat berbahaya. Air terjun yang satu ini terbagi atas 7 tingkatan yang tiap tingkatnya bisa kamu nikmati, di bagian pertama kamu akan serasa duduk di hamparan pasir putih dengan ketinggian antara 70 meter untuk tiap tingkat, sedangkan pada tingkat ketujuh dengan ketinggian 70 meter kamu akan menemukan bentuk yang berbeda dengan tingkatan yang lain yaitu melebar ke samping.

Sebenarnya juga ada kepercayaan dari masyarakat sekitar terkait dengan air terjun yang satu ini, konon ada yang menyebutkan bahwa jika air terjun mengeluarkan suara bergemuruh menandakan panen besar akan segera datang. Destinasi wisata yang satu ini cukup terkenal di Kalimantan Barat. Tak heran jika setiap akhir pekan khususnya akan selalu dipadati dengan wisatawan, kamu bisa dengan asik ikut bercengkrama juga dengan mereka.

Menariknya di samping air terjun tersebut ada sebuah pohon yang sangat besar, pohon ini dianggap sebagai jelmaan ular raksasa sehingga pengunjung di larang untuk mengusiknya, namun jangan khawatir karena sebenarnya area wisata yang satu ini bisa dikatakan cukup aman untuk di datangi oleh wisatawan. Jadi sudah siapkah kamu melalui liburan panjang nan menantang untuk datang ke sini, destinasi wisata gratis yang bisa di datangi oleh siapa saja.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.