Mangut Iwak Beong, Kuliner Pedas khas Magelang yang Wajib Dicoba

Salah satu destinasi wisata di Magelang ini cukup terkenal dengan keindahan nya yang sangat mempesona. Tak heran jika Candi Borobudur masuk ke dalam tujuh keajaiban dunia. Selain menjadi cagar budaya, Candi Borobudur juga menjadi salah satu tempat wisata yang menarik banyak perhatian wisatawan domestik hingga wisatawan mancanegara. Candi Borobudur disebut sebagai salah satu mahakarya terbesar manusia sepanjang sejarah. Susunan balok vulkanik dan pahatan reliefnya merupakan sebuah karya seni yang tak tertandingi nilainya. Tempat wisata ini juga menjadi bukti kemajuan peradaban manusia zaman dahulu dalam bidang arsitektur, teknologi dan seni sastra.

Setelah puas berjalan – jalan dan muter – muter melihat keindahan Candi Borobudur maka tak ada salahnya untuk mampir sebentar ke rumah makan yang berada di sekitar Candi. Salah satu kuliner yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Mangut Iwak Beong. Kuliner ini merupakan salah satu kuliner khas Magelang yang sudah populer di kawasan Candi Borobudur dan dijamin rasanya bikin kamu ketagihan. Bahan utama nya menggunakan Ikan Beong yang berasal dari Kali Progo. Sekilas ikan ini  sangat mirip dengan ikan Lele.

Salah satu rumah makan yang menyajikan menu ini adalah Warung Makan Sehati yang lokasinya berada di Dusun Bumen, Kelurahan Kembanglimus. Ukuran ikan Beong bermacam – macam, ada yang seukuran kepalan tangan hingga piring besar. Bumbu nya yang kaya akan rempah meresap hingga daging paling dalam. Tak ada bumbu khusus untuk mengolah kuliner yang satu ini, hanya menggunakan lengkuas, daun serai, jahe hingga bawang merah. Kuliner yang satu ini menjadi salah satu kuliner yang paling banyak diburu oleh pecinta kuliner pedas karena kuah dan daging Beong nya terasa sangat pedas, apalagi ditambah dengan guyuran cabai rawit diatasnya. Bikin ketagihan!

Tapi jangan khawatir untuk kamu yang tidak menyukai rasa pedas, karena kamu juga bisa memesan yang tanpa cabai. Sajian mangut ini sangat lezat jika disantap bersama dengan terancam segar. Selain Mangut Iwak Beong, kuliner lainnya yang bisa kamu coba adalah mangut lele juga opor ayam yang tak kalah enak. Untuk harganya pun terbilang cukup terjangkau, satu porsi Mangut Iwak Beong di banderol mulai dari Rp 15 ribu rupiah (tergantung ukurannya).

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.