Lokasi Wisata Terbaru di Bantul yang Menjadi Tujuan Wisata Favorit Wisatawan di Akhir Pekan

Belakangan ini destinasi wisata di kawasan Gunungkidul memang sedang hits banget di kalangan masyarakat. Beberapa destinasi wisata baru bisa kamu kunjungi dan kamu jadikan sebagai salah satu alternatif untuk mengisi liburan di akhir pekan. Namun tahukah kamu, jika tak hanya Gunungkidul saja yang menjadi primadona wisata di Kota Yogyakarta namun ada beberapa lokasi wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi. Semua destinasi wisata tersebut bisa kamu temukan di Jogja Selatan, salah satunya adalah Bantul. Nah, daripada penasaran dimana saja lokasi wisata yang terdapat di Bantul mendingan simak ulasan berikut ini ya!

1. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger Dlingo merupakan alternatif wisata hutan pinus di perbukitan Dlingo selain Hutan Pinus Mangunan. Hutan ini menawarkan daya tarik wisata alam yang lebih alami dan lebih asri dibandingkan dengan hutan pinus yang berada di Mangunan. Hutan Pinus Pengger terletak di Dusun Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasi Hutan Pinus Pengger berada di perbukitan Dlingo sebelah utara yang dekat dengan perbukitan wilayah Piyungan Bantul. Rute terdekat menuju Hutan Pinus Pengger dari pusat kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan Wonosari Yogyakarta.

Dari pertigaan Piyungan ambil jalan naik menuju ke arah Patuk Gunungkidul. Sesampai di perempatan puncak Bukit Patuk atau Bukit Bintang ambil arah ke kanan menuju Jalan Raya Patuk-Dlingo. Selama perjalanan akan melewati Wisata Watu Amben dan beberapa menit berselang tiba di kawasan wisata Hutan Pinus Pengger di sisi kanan jalan. Kendaraan pengunjung dapat diparkir di area parkir yang dijaga oleh pengelola wisata hutan pinus tersebut. Meski tergolong wisata mainstream, Hutan Pinus Pengger selalu bisa membuatmu merasa Jogja sangat kreatif. Ada banyak sekali spot foto yang bisa kamu pilih untuk berfoto. Kalau kamu mau ke sini bisa gunakan Google Maps dengan kordinat -7.864243, 110.459073. Tiket masuk Rp 2000. Parkir mobil Rp 5000, Motor Rp 2000.

2. Tebing Watu Mabur

Baru – baru ini Bantu menjadi perhatian bagi wisatawan dengan spot barunya yaitu Gardu Pandang Tangan Raksasa yang ada di kawasan Hutan Pinus Pengger. Namun sekarang giliran Tebing Watu Mabur yang menjadi incaran para wisatawan. Wisata Tebing Watu Mabur ini merupakan lokasi wisata perkemahan atau biasa disebut dengan camping ground. Lokasinya yang berada di perbukitan menjadikan tempat ini bersuhu sejuk. Di kawasan tersebut, kamu bisa memandangi suguhan alam yang sangat menakjubkan dan tentunya suasana terasa sangat asri dan bikin tenang para pengunjungnya. Tebing Watu Mabur ini lokasinya berada di Dusun Lemahbang, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul.

Lokasinya yang berada di kawasan Mangunan, tentunya tak jauh dari Hutan Pinus Mangunan dan obyek wisata ini menyajikan pemandangan pohon pinus yang dilengkapi dengan berbagai spot foto selfie kreatif yang sangat artistik terbuat dari kayu pohon pinus. Tak hanya dijadikan sebagai lokasi untuk Camping Ground saja, namun lokasi wisata ini juga dijadikan sebagai tempat untuk berburu foto keren karena disana tersedia berbagai spot foto selfie yang sangat kece seperti adanya spot Gardu Pandang yang belakangan ini memang sedang booming.  Selain dapat melihat keindahan pepohonan pinus, kamu juga bisa dapat melihat pemandangan alam pegunungan yang sangat menawan, hamparan hutan hijau yang luas, serta nampak juga aliran Sungai Oyo yang besar sehingga terlihat begitu mempesona.

3. Seribu Batu Songgo Langit

Wisata Songgo Langit di Bantul ini menghadirkan nuansa bak negeri dongeng. Selain bebatuan besar dan pemandangan alam yang unik, daya tarik lainya adalah beberapa spot foto hasil kreatifitas warga. Spot rumah hobbit di Seribu Batu Songgo Langit ini tentu menjadi spot andalan karena baru pertama ada di Jogja. Selain ada juga spot rumah kukusan, jembatan kayu, ayunan  dan lain sebagainya. Beberapa fasilitas penunjangpun sudah disediakan seperti flying fox dan spot tebing untuk climbing. Jadi bagi kamu yang sedang berkunjung ke kebun buah mangunan ataupun di puncak becici, jangan sampai melewatkan tempat wisata yang satu ini.

Tempat wisata ini berada di Dusun Sukarame, Mangunan, Dlingo, Bantul Yogyakarta. Lokasinya cukup dekat dengan beberapa tempat wsiata seperti hutan pinus mangunan, watu goyang ataupun tebing tembelan. Seribu Batu Songgo langit tepat berada di sebelah timur watu goyang. Selain cocok untuk mencari spot foto, disini juga cocok untuk mengajak sang buah hati. Pasalnya disini terdapat juga kegiatan mendongen untuk anak.

4. Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu merupakan tempat wisata yang akhir akhir ini lagi naik daun di daerahnya yaitu Jogja. Masyarakat Jogja menobatkan tempat ini sebagai tempat terbaik uuntuk menikmati terbenamnya matahari atau sunset. Sangat cocok untuk melihat sunset karena langsung menghadap ke barat dan tidak ada penghalang satupun. Kalian dapat sekaligus mengunjungi tempat wisata lainya sepeti Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus  Mangunan karena tempatnya begitu berdekatan. Bukit ini dinamakan Bukit Lintang Sewu karena jika kamu mengunjungi tempat ini pada malam hari maka kamu akan melihat beribu bintang. Terdapat berbagi macam fasilitas yang akan kamu dapatkan seperti, lokasi berkemah, outbond, wisata malam, dan taman di alam. Selain itu juga, kamu dapat melihat Kota Jogja dari atas sini melalui gardu pandang yang telah di sediakan. Lokasinya ada di Dusun Karangasem, Munthuk, Dlingo, Bantul.

5. Hutan Pinus Asri

 

Satu lagi lokasi wisata Gardu Pandang yang wajib untuk dikunjungi dalah Gardu Pandang Pinus Asri yang baru saja dibuka bulan Januari ini. Lokasi Gardu pandang Pinus Asri ini berada di kawasan Hutan Pinus Asri Karangasem. Hutan Pinus yang terkenal dengan panggung alamnya.  Kehadiran gardu pandang pinus Asri ini sekaligus melengkapi keindahan alam di kawasan hutan pinus ini. Sebab di Gardu pandang ini pengunjung bisa mengambil foto selfie dengan background hutan dan dataran rendah Imogiri. Bentangan cakrawala dan perpaduan hutan pinus yang hijau akan memanjakan mata para pengunjung.

Berbeda dengan gardu Pandang di bukit Mojo dan Jurang tembelan, Gardu pandang Pinus Asri ini memang tak dibuat secara artistik dengan bentuk yang macam macam. Meski demikian, konstruksinya jauh lebih kuat karena menggunakan kayu dan dibuat seperti deck lantai sehingga membuat pengunjung yang berfoto menjadi merasa nyaman dan aman. Suasana sejuk dan pemandangan yang indah membentang tentu saja membuat pengunjung betah duduk berlama lama di gardu pandang pinus asri ini.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.