Lima Kuliner Tradisional khas Bali yang Cocok Dijadikan Camilan Selagi Santai

Tak hanya terkenal dengan destinasi wisata alamnya namun Pulau Bali juga cukup terkenal dengan wisata kuliner khas nya. Berbagai wisata kuliner bisa kita temukan disana, mulai dari kuliner Western, Asia hingga kuliner tradisional yang rasanya dijamin bikin kamu ketagihan saat pertama kali mencobanya. Nah, jika kamu sedang berkunjung ke Bali tak ada salahnya untuk mencicipi aneka kuliner khasnya. Namun sudah tahukah kamu apa saja kuliner tradisional khas Bali yang bisa kamu cicipi? Kalau belum, simak ulasannya berikut ini ya!

1. Serombotan Klungkung

Serombotan Klungkung merupakan salah satu kuliner khas Bali yang didalamnya berisi sayur – sayuran seperti kangkung, kacang panjang, tauge dan pare yang kemudian disiram dengan sambal kacang. Sekilas kuliner ini hampir mirip dengan Gado – Gado, namun yang membedakan adalah bumbu yang digunakan yaitu bumbu khas Bali. Dalam penyajiannya, tak lupa diberi taburan parutan kelapa dan kacang hijau goreng atau kacang mentik agar menambah cita rasa yang khas. Sebagai pendamping paling nikmat disajikan bersama sambal yang terbuat dari cabai, bawang merah, dan bawang putih.

2. Laklak

Laklak adalah salah satu jenis jajanan tradisional Bali yang bisa di temukan di pasar – pasar tradisional di Bali. Bahan utama yang digunakan untuk membuat Laklak adalah tepung beras. Laklak ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan kue surabi atau kue lumpur. Biasanya makanan ini disajikan dengan diberikan taburan parutan kelapa dan saus gula merah sehingga perpaduan rasa gurih dan manis yang begitu nikmat. Untuk kamu yang sedang berkunjung ke Bali jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Bali yang satu ini.

3. Bendu

Jajanan tradisional khas Bali lainnya yang bisa kamu nikmati adalah Bendu. Biasanya kue Bendu ini bisa ditemukan di acara pernikahan. Bahan utama yang digunakan untuk membuat kue Bendu adalah tepung ketan yang dicampur dengan parutan kelapa, gula dan bahan pelengkap lainnya. Jajanan ini bisa kita temukan di penjual kaki lima yang ada di pinggir jalan dan berbagai tempat lainnya. Selain sebagai jajanan yang dijajakan oleh pedagang kaki lima, Bendu juga sering digunakan dalam berbagai kegiatan religi di Bali.

 

4. Pisang Rai

Jajanan khas Bali yang tak boleh dilewatkan adalah Pisang Rai. Kuliner ini terbuat dari tepung beras yang dimana di dalamnya berisi pisang dan kemudian dimasak dengan cara direbus. Setelah matang, diangkat dan digulingkan pada kelapa parut sehingga menghasilkan kue dengan tekstur yang lembut, enak dan gurih.

5. Wajik

Wajik merupakan jajanan tradisional khas Bali yang masih eksis hingga saat ini . Makanan ini masih sangat diminati oleh masyarakat setempat karena rasanya yang manis dan legit. Jika dilihat sepintas, jaja wajik ini sebetulnya mirip dengan wajik ketan yang biasa kita temui di pasar tradisional. Bedanya, keberadaan jaja wajik di Bali tidak hanya sebagai camilan semata. Kue ini menjadi makanan khas yang selalu dihidangkan kepada para tamu yang menghadiri upacara pernikahan di Bali.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.