Lima Kuliner Lezat Khas Lamongan yang Wajib Dicicipi

Indonesia menjadi salah satu surganya pariwisata yang bahkan sudah mendunia dengan berbagai macam pilihan tempat wisata yang ada di dalamnya. Berbagai destinasi wisata bisa kita temukan di Indonesia mulai dari wisata alam, wisata belanja, wisata kuliner wisata budaya, wisata hiburan, dan lain sebagainya. Salah satu wisata yang menjadi favorit masyarakat di Indonesia adalah wisata kuliner. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai jenis wisata kuliner yang bisa kita cicipi, dan tentu saja antara daerah dengan daerah lainnya memiliki sajian kuliner yang berbeda – beda. Nah, seperti salah satunya adalah kuliner khas dari Lamongan.

Lamongan merupakan sebuah provinsi yang berada di Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Gresik, Mojokerto, Jombang, dan Bojonegoro. Terletak sekitar 50 km dari ibu kota Jawa Timur, Surabaya, Lamongan dilintasi jalur utama pantura yang menghubungkan Jakarta-Surabaya. Tak heran jika daerah ini ramai dilewati kendaraan bermotor yang hendak menuju Jawa Timur ataupun sebaliknya. Jika melewati Lamongan saat perjalanan, sempatkan untuk berhenti sejenak dan mencicipi lima kuliner khas Lamongan berikut ini.

1. Soto Lamongan

Hidangan soto, merupakan sajian berkuah mirip dengan sop yang tebuat dari kaldu daging dan beberapa sayuran. Bahan utama dari soto adalah daging sapi dan ayam, tetapi ada pula yang membuatnya dengan daging kambing. Hidangan Soto biasanya disertai berbagai pelengkap seperti kerupuk, perkedel, emping, sambal dan lain sebagainya. Soto Lamongan tidak menggunakan sembarangan jenis ayam. Untuk menghasilkan rasa khas resep soto lamongan asli, biasanya Soto Lamongan menggunakan ayam kampung muda. Karena kandungan kaldu ayam kampung inilah yang membuat Soto Lamongan terasa berbeda dengan soto-soto lainya. Tujuan menggunakan ayam kampung, karena ayam kampung menghasilkan kuah yang begitu kuning dan rasanya pun lebih enak dari pada ayam biasa.

2. Nasi Boranan

Kuliner Nasi Boranan hanya bisa kamu temui di Lamongan, Jawa Timur.Nasi Boranan atau yang lebih dikenal dengan Sego Boranan merupakan sajian nasi bersama bumbu khas dan lauk pauk dibungkus dengan daun pisang yang dilapisi kertas koran berbentuk kerucut. Biasanya makanan ini dijadikan menu sarapan bagi masyarakat Lamongan. Nasi dengan lauk utama seperti gimbal empuk, pletuk dan ikan sili menambah kenikmatan santapan khas Lamongan ini.

3. Tahu Campur

Tahu Campur merupakan salah satu kuliner khas Lamongan yang memiliki citarasa yang lezat dan khas sehingga dapat membuat ketagihan para penikmatnya. Sesuai dengan namanya, kuliner yang satu ini terdiri dari tahu, lontong, selada, tauge, mie dan kerupuk udang. Tambahan petis dan lento di atas tahu campur membuat makanan ini terasa lebih dahsyat. Biasanya hidangan tahu campur yang paling nikmat dan lezat untuk disantap ini berasal dari daerah Jawa Timur karena bumbu dan rerempahan yang dipakai memang sangat khas akan rasanya.

4. Asem Bandeng

Nah, untuk kamu yang menyukai kuliner ikan dan sedang bosan dengan kuliner ikan yang itu – itu saja maka tak ada salahnya mencoba kuliner khas Lamongan yang satu ini yaitu Asem Bandeng khas Lamongan. Diolah bersama potongan belimbing sayur, tomat serta cabai rawit membuat rasanya asam – asam pedas, dan gurih.

5. Bandeng Colo

Satu lagi hidangan khas Lamongan yang berbahan dasar ikan bandeng, yaitu bandeng colo. Berbeda dengan asem bandeng yang bercita rasa asam, bandeng colo memiliki rasa yang cenderung pedas dan asam.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.