Lima Kuliner dengan Bentuk yang Unik dan Instagramable Banget

Kuliner wisata khas Indonesia merupakan salah satu kebanggaan untuk warga Indonesia. Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki kuliner khas nya masing – masing dengan citarasa yang unik dan menarik. Tak hanya hasil alamnya saja yang melimpah, namun juga dari beragam suku sehingga menghasilkan beraneka ragam kuliner yang menggugah selera. Seiring berjalannya waktu, kini banyak kuliner baru bermunculan. Tak hanya rasanya saja yang nikmat, namun juga memiliki bentuk yang unik dan Instagramable banget. Nah, berikut ada beberapa kuliner yng belakangan ini sedang hits di kalangan anak muda. Mau tahu apa saja? Simak ulasannya di bawah ini ya…

 

1. Bagoja

Saat pertama kali mendengar nama bakso yang satu ini, pasti terlintas di pikiran kita adalah Bakso yang memiliki ukuran besar. Nah, jika bakso rebus dengan ukuran yang cukup besar sudah biasa namun di Festival Bakso ini kamu akan menemukan bakso unik dengan ukuran yang cukup besar yaitu Bakso Goreng Gajah. Bakso Goreng ini berisikan adonan daging ayam dan udang. Meskipun cara penyajiannya yang cukup berbeda, namun tak perlu khawatir akan rasanya karena bakso goreng ini renyah di luar dan lembut di dalam. Di setiap porsinya, bakso ini disajikan bersamaan dengan sambal khusus dengan rasa asam pedas. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau mulai dari Rp. 8 ribu dengan ukuran 4 centimeter hingga Rp. 39.000 dengan ukuran jumbo yakni 10 centimeter. Selain di Festival Bakso, kamu juga bisa menemukan Bakso Goreng Gajah ini di Pasar Ahpong Sentul, Pasar BSD, Pasar PIK, dan lain sebagainya.

2. Kue Kerawang

Kue Kerawang atau sering disebut juga kue kerawo merupakan salah satu jenis kue kering khas Gorontalo. Kue kering ini memiliki tampilan yang unik, cantik dan manis. Biasanya kue ini bisa kita temukan saat perayaan Hari Raya Idul Fitriyang disajikan untuk para tamu saat sedang berkunjung kerumah. Kue Kerawang ini juga memiliki varian rasa yang bisa kamu coba seperti original, rasa keju, rasa kopi, rasa strawberry, dan lain – lain.

3. Es Lodeh

Saat pertama kali mendengar kuliner yang satu ini memang agak sedikit aneh namun siapa sangka justru Es Lodeh ini memiliki rasa yang sangat nikmat dan segar. Es Lodeh ini tampilannya mirip dengan es campur pada umumnya, hanya saja yang membedakannya adalah ada campuran sambal bajak pada es ini. Dengan tambahan sambal bajak inilah es ini mampu membuat siapa saja yang menikmatinya ketagihan. Dalam satu porsi es lodeh terdiri dari berbagai macam buah seperti alpukat, bengkuang, nanas, nangka, melon, blewah, dan lain sebagainya. Campuran itu dalam satu mangkuk dipadu dengan santan dan tetesan gula cair. Untuk menambah nikmatnya es lodeh ini diberi guyuran susu kental.

4. Sate Kerbau

Biasanya sate menggunakan daging ayam, kambing, kelinci, sapi sebagai bahan dasarnya namun ada yang berbeda dari sate yang satu ini yaitu menggunakan daging kerbau sebagai bahan dasarnya. Sate Kerbau merupakan salah satu kuliner khas dari Kota Kudus. Cara pengolahan sate kerbau ini pun terbilang cukup mudah yaitu pertama dagingnya digiling terlebih dulu agar lebih empuk. Kemudian dipanggang di atas bara arang, disajikan dengan saus bumbu yang terbuat dari santan, gula jawa, dan bumbu lainnya. Secara tradisional sate ini disajikan di atas daun jati.

5. Bola Ubi

Bola ubi saat ini menjadi kuliner yang sedang hits di kalangan masyarakat, padahal kuliner yang satu ini merupakan jajanan tradisional yang sudah ada sejak dulu. Nah, untuk kamu pecinta jajanan tradisional wajib menikmati coba kuliner yang satu ini. Bola – bola ubi kopong ini adalah jajanan khas Kota Bandung. Di Bandung, kamu bisa menemukan jajanan ini di beberapa tempat yang ramai seperti Dago hingga daerah lainnya yang ramai dengan gerobak. Bola-bola ubi ini terbuat dari campuran ubi kukus, tepung tapioka dan gula bubuk. Campuran ini kemudian diaduk hingga tercampur rata, setelah itu adonannya dipipihkan. Aslinya, bola-bola ubi disajikan polos. Akan tetapi seiring dengan berkembangnya ilmu kuliner, bola-bola ubi banyak yang disajikan dengan aneka isian seperti gula merah, cokelat hingga keju.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.