Lima Kuliner Bubur Khas Ramadhan dari Berbagai Daerah di Indonesia

Saat menyambut Bulan Ramadhan datang, banyak umat Muslim di sejumlah daerah di Indonesia melakukan tradisi unik. Selain tradisi, ada juga kuliner khas yang hanya bisa ditemukan di Bulan Ramadhan saja seperti salah satu nya adalah bubur yang disajikan sebagai salah satu menu untuk berbuka puasa. Nah daripada penasaran, berikut ada 7 jenis bubur yang bisa kamu temukan saat Bulan Ramadhan di sejumlah daerah di Indonesia. Mau tahu dimana saja lokasinya? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Bubur Samin (Solo, Jawa Tengah)

Bubur Samin merupakan bubur khas Banjar yang diadaptasi dari kuliner khas Arab yaitu nasi Samin. Bubur ini menjadi salah satu santapan berbuka puasa yang bisa kamu temukan di Masjid Darussalam, Kampung Jayengan, Serengan, Solo, Jawa Tengah. Sama seperti bubur pada umumnya yang menggunakan beras sebagai bahan utamanya. Beras tersebut dimasak bersama bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, kayu manis, jahe, sere, laos, kapulaga Arab dan minyak samin. Tak lupa sebagai pelengkap ditambahkan dengan beberapa potongan daging dan juga sayuran.

2. Kanji Rumbi (Lhokseumawe, Aceh)

Untuk menu berbukak puasa selama Bulan Ramadhan, Aceh memiliki kuliner yang sangat lezat yaitu Kanji Rumbi. Kanji rumbi sendiri merupakan sejenis bubur ayam yang dicampur dengan rempah-rempah khas Aceh seperti merica, jintan, adas, kembang lawang, kapulaga, jahe, daun pandan dan masih banyak bumbu dan rempah lainnya. Karena banyaknya bumbu dan bahan yang dipakai maka bubur ini dikenal dengan bubur dengan 40 macam bumbu. Ada beberapa masjid yang menyediakan menu buka puasa yang sangat lezat ini, salah satunya Masjid Islamic Center Lhokseumawe, Aceh.

3. Bubur Sop Melayu (Medan, Sumatra Utara)

Bubur Sop Khas Melayu cukup menggugah selera karena aromanya yang cukup kuat karena proses pemasakannya yang kaya akan rempah. Menjelang buka puasa, banyak penduduk Medan yang beramai – ramai datang ke masjid untuk mencicipi kuliner yang satu ini. Bubur Sop Melayu terbuat dari beras yang ditambahkan dengan bumbu rempah, daging sapi, kentang, wortel, daun sop, santan, dan lain sebagainya.

4. Bubur Sabilal (Banjarmasin, Kalimantan Selatan)

Bubur Sabilal terbuat dari beras sebagai bahan utamanya, ditambahkan dengan wortel, kentang, telur. daging ayam dan sapi, serta minyak samin yang membuat bubur ini semakin lezat dinikmati. Setiap harinya di Bulan Ramadhan, pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadi menyediakan sekitar 1.000 porsi bubur sabilal.  Bubur sabilal merupakan bubur daging dengan cita rasa masakan khas Banjar yang manis dan lezat.

 

5. Bubur India (Semarang, Jawa Tengah)

Sama seperti daerah lainnya di Indonesia, Semarang juga memiliki bubur khas yang disajikan pada Bulan Ramdhan yakni Bubur India. Bubur India ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu di Kampung Pekojan, Kelurahan Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Sesuai dengan namanya, bubur ini menggunakan rempah – rempah tradisional khas India seperti jahe, bawang, kapulaga, cengkeh, kayu manis, pandan, serai, dan santan kelapa.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.