Belum ke Jakarta Kalau Belum Berkunjung ke Lima Destinasi Wisata Berikut Ini!

Jakarta merupakan Ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan menjadi pusat pemerintahan, ekonomi, sejarah, budaya, hingga wisata Tanah Air. Dengan luas mencapai 661 kilometer persegi, Jakarta tentu menyimpan pesona wisata yang kaya. Kota terbesar di Tanah Air ini menawarkan keindahan wisata yang lengkap sehingga siapa saja bisa menemukan kesenangannya berpelesir. Berbagai destinasi wisata bisa kamu temukan di kota metropolitan ini mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata belanja, wisata hiburan, wisata kuliner, dan lain sebagainya.

Nah, ngomong – ngomong liburan di Kota Jakarta rasanya belum lengkap kalau belum berkunjung ke wisata ikonik di Jakarta berikut ini. Mau tahu dimana saja? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Tugu Monas ( Monumen Nasional)

Salah satu ikon Kota Jakarta yang sudah terkenal hingga ke penjuru Nusantara bahkan ke mancanegara adalah Tugu Monumen Nasional ( MONAS ). Monas merupakan salah satu landmark ikonik Jakarta yang paling sering dituju warga Jakarta dan sekitarnya saat hari libur tiba. Monas di bangun sebagai bentuk penghargaan terhadap para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Seperti yang kita ketahui jika Monas merupakan monumen dan juga terdapat Museum Sejarah Nasional yang dimana berisi diorama – diorama kondisi Indonesia sejak jaman pra-sejarah hingga masa Orde Baru.

2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Saat pertama kali mendengar Taman Mini Indonesia Indah tentunya sudah tak asing lagi di telinga, pasalnya disini kamu bisa melihat beraneka ragam miniatur kebudayaan dari daerah – daerah tertentu. Di dalam anungan tersebut, kamu bisa melihat benda – benda budaya seperti pakaian adat, senjata khas daerah hingga kerajinan tangan khas daerah. Selain anjungan, kamu juga bisa melihat sebuah danau yang dimana di tengah danau tersebut terdapat peta Indonesia. Yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang kesini adalah adanya fasilitas hiburan seperti kereta gantung, museum, serta teater.

3. Kepulauan Seribu

Nah, buat kamu yang ingin melihat keindahan pantai maka tak ada salahnya berkunjung ke Kepulauan Seribu saat akhir pekan tiba. Beberapa pulau di Kepulauan Seribu bisa kamu kunjungi seperti Pulau Tidung, Pulau Harapan, Pulau Pari, Pulau Pramuka, Pulau Semak Daun, Pulau Bira, dan lain sebagainya. Lokasinya berada sekitar 45 Km dari pusat Kota Jakarta. Nah, untuk menuju ke salah satu pulau yang ada di Kepulauan Seribu, kamu bisa menggunakan kapal  yang berangkat dari Pelabuhan Muara Angke dengan jarak tempuh sekitar 3 jam.

4. Taman Impian Jaya Ancol

Untuk kamu yang suka teriak-teriak dan menguji adrenalin, Ancol merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi. Banyak wahana di Ancol yang akan membuat adrenalin meningkat drastis. Ancol merupakan kawasan wisata terpadu yang terdiri atas banyak objek. Beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi di Ancol antara lain Pantai dan Taman, Dunia Fantasi (Dufan), Atlantis Water Adventure, Gelanggang Samudra, Pasar Seni, Padang Golf serta beberapa tempat lain yang semua bisa dipilih sesuai dengan keinginan.

5. Kota Tua

Selain Monas, ada juga Kota Tua yang menjadi tempat menarik untuk dikunjungi saat ke Kota Jakarta. Di kawasan Kota Tua, kamu akan melihat bangunan – bangunan tua yang masih terawat hingga kini dan masih sama seperti aslinya. Kota Tua merupakan salah satu kawasan bersejarah di Jakarta dan dulunya adalah salah satu pusat komando di era kolonial Belanda. Di tengah – tengah nya terdapat alun – alun yang menjadi pusat keramaian, dan para wisatawan yang datang bisa berkeliling menggunakan sepeda unta warna – warni yang menjadi ciri khas dari Kota Tua. Jika ingin mempelajari sejarah lebih lanjut lagi, kita bisa berkunjung ke museum-museum yang ada di sekitar Kota Tua. Ada 5 museum yang bisa kita kunjungi di sana antara lain Museum Fatahilah, Museum Wayang, Museum Seni Rupa, Museum Bank Indonesia dan Museum Bank Mandiri.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.