4 Hal yang Harus Kamu Ketahui Mengenai Gunung Rinjani

Bagi para pendaki, nama Gunung Rinjani tentunya sudah tak asing lagi terdengar di telinga. Pasalnya gunung yang terletak di Pulau Lombok ini menjadi salah satu gunung favorit dan paling diburu oleh pendaki Indonesia. Tentunya ada alasan tersendiri yang melatar belakangi, salah satu nya adalah keindahan alamnya yang dimiliki berupa padang rumput yang indah, danau Segara Anaknya yang cantik serta pemandangan alam sekitar yang bisa dilihat dari ketinggian. 

Gunung Rinjani selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal hingga mancanegara saat tidak sedang ditutup. Mendaki Gunung Rinjani tentu akan menjadi sebuah pengalaman menyenangkan dan tak akan pernah terlupakan. Namun, ada baiknya untuk mempelajari lebih jauh tentang gunung ini terlebih dahulu supaya chemistry pendakian menjadi semakin kuat. Berikut ada beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang Gunung Rinjani. Diantaranya adalah:

1. Gunung Api Tertinggi Kedua di Indonesia

Gunung Rinjani adalah salah satu gunung api tertinggi kedua di Indonesia setelah Kerinci di Sumatera, dan termasuk ke dalam Seven Summits Indonesia yaitu istilah untuk menyebut tujuh puncak tertinggi di Indonesia. Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.726 mdpl, sehingga menjadi kebanggaan tersendiri bagi para pendaki jika sukses menaklukkan gunung yang satu ini.

 

2. Danau Segara Anak yang Cantik

Salah satu yang menjadi daya tarik tersendiri dari Gunung Rinjani adalah Danau Segara Anak. Walaupun harus menempuh perjalanan yang sangat jauh dan  melelahkan, semua akan terbayarkan ketika sudah sampai di tepi danau dan melihat langsung keindahan danau ini. Danau Segara Anak ini terletak di ketinggian 2.010 mdpl, dan menjadi salah satu danau tertinggi di Indonesia. Untuk sampai ke danau tersebut dibutuhkan waktu sekitar 7 jam perjalanan melewati jalur Senaru atau Sembalun. Di sekitar danau juga terdapat area lapang yang bisa digunakan para pendaki untuk mendirikan camp dan bermalam.

 

3. Punya Jalur Pendakian Resmi

Dua jalur pendakian resmi menuju Gunung Rinjani adalah jalur Senaru dan jalur Sembalun. Jalur Senaru lokasinya berada di Kabupaten Lombok Utara dan jalur Sembalun berada di Kabupaten Lombok Timur. Mau melewati jalur manapun, kita tetap akan disuguhkan dengan keindahan alam yang dapat memanjakan mata. Namun, sebagian besar pendaki biasanya melakukan perjalanan naik melalui salah satu dari dua jalur tersebut lalu turun melalui jalur yang lainnya. Alasannya, supaya bisa merasakan sensasi keduanya.

4. Puncak Dewi Anjani

Setiap gunung di Indonesia memiliki puncak nya masing – masing, sama hal nya seperti Gunung Rinjani yang memiliki Puncak Dewi Anjani sebagai puncaknya. Nama yang digunakan merupakan salah satu tokoh dewi dalam cerita pewayangan. Namanya juga dewi, ya sudah pasti cantik. Sama seperti Gunung Rinjani yang juga cantik.

 

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.