Lima Destinasi Wisata Alam di Papua Selain Raja Ampat

Indonesia merupakan surga tersembunyi bagi para wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara. Pantai dan pemandangan gunung yang indah di berbagai pelosok negeri sudah bukan rahasia lagi. Banyaknya wisatawan mancanegara yang mulai berdatangan ke berbagai tujuan wisata lokal kita membuat masyarakat setempat mulai ikut membangun infrastruktur yang membuat turis baru merasa nyaman ketika mengunjungi obyek wisata tersebut. Salah satu daerah pesona Indonesia adalah Papua yang sejak tahun 2003 sudah terbagi menjadi dua provinsi yakni Papua dan Papua Barat.

Papua memiliki luas 808.105 km persegi dan merupakan pulau terbesar kedua di dunia dan terbesar pertama di Indonesia. Papua sendiri merupakan sebuah daerah yang memiliki segudang tempat wisata yang sangat indah diantaranya adalah wisata pantai, wisata alam, serta wisata pulau semua ada di Papua. Raja Ampat merupakan salah satu ikon yang terdapat di Pulau Papua dan menjadi obyek wisata yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan jika sedang berkunjung ke Papua. Keindahan bawah lautnya sangat mempesona dengan berbagai spesies ikan dan terumbu karang nya.

Data dari Conservation International, The Nature Conservancy, dan Lembaga Oseanografi Nasional menyebutkan 75 persen spesies karang dunia berada di Raja Ampat. Tak heran jika kemudian Raja Ampat disebut – sebut sebagai the last paradise on earth. Namun tak hanya Raja Ampat, sejumlah destinasi di Papua ternyata juga memiliki pesona yang sama. Berikut lima destinasi di Papua yang pesonanya tak kalah indahnya dengan yang dimiliki Raja Ampat.

1. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Salah satu ikon tempat wisata yang ada di Papua selain Raja Ampat adalah Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Taman Nasional ini letaknya di Teluk Cendrawasih, Provinsi Papua Barat. Taman Nasional Teluk Cendrawasih ini meliputi Pulau Miosswar, Pulau Nusrowi, Pulau Roon, Pulau Rumberpon dan Pulau Yoop. Jika dilihat secara administratif, Taman Nasional Teluk Cendrawasih masuk ke dalam dua kabupaten yaitu Kabupaten Teluk Wondama dan Kabupaten Nabire. Di kawasan Taman Nasional ini memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang tersebar di daratan maupun di lautan. Taman nasional ini mewakili ekosistem pantai, hutan mangrove, terumbu karang dan hutan tropis di Papua.

2. Danau Sentani

 

Danau Sentani merupakan danau yang terletak di Papua dan memiliki luas sekitar 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 mdpl. Danau ini letaknya berada di di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cysloops dan menjadi salah satu danau terluas yang ada di Papua. Danau Sentani terletak di Kecamatan Sentani atau sekitar 20 km di sebelah barat Kota Jayapura. Untuk mencapai Danau Sentani maka kamu bisa menggunakan berbagai alat transportasi dalam waktu tempuh sekitar 20 menit. Di danau ini juga suka diadakan Festival Danau Sentani yang diselenggarakan setiap tahunnya untuk menarik wisatawan.

3. Lembah Baliem

 

Di tengah wilayah pegunungan tengah Provinsi Papua Indonesia terletak Lembah Baliem yang berada pada ketinggian 1.600 mdpl. Lembah Baliem terbentang dari bagian barat laut sampai bagian tenggara Provinsi Papua. Lembah Baliem dikelilingi dengan puncak – puncak pegunungan dengan ketinggian antara 2.500 hingga 4.500 meter. Dengan panjang sekitar 80 km, Lembah Baliem menjadi tempat hidup bagi kurang lebih 100 ribu jiwa yang merupakan warga Suku Dani, Suku Yali, dan Suku Lani. Keberagaman suku inilah yang kemudian membuat Festival Lembah Baliem diadakan setiap tahunnya pada Agustus, bertepatan dengan perayaan kemerdekaan Indonesia.

4. Pantai Bosnik

 

Pantai Segara Indah atau yang lebih dikenal dengan Pantai Bosnik ini terletak di sisi timur Pulau Biak tepatnya di Desa Woniki, Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua. Hamparan pasir pantai yang sangat indah di pantai ini dapat memanjakan mata siapa saja yang melihatnya. Pantai ini bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk mengisi libur akhir pekan. Selain menyuguhkan pemandangan yang sangat indah, di pantai ini juga terdapat terumbu karang yang cantik untuk disaksikan. Jadi, jika kamu berkunjung ke Pantai Bosnik ini maka berbagai macam aktivitas bisa kamu lakukan seperti berenang maupun snorkeling. Namun tetap untuk berhati – hati jika kamu ingin berenang di Pantai Bosnik ini karena pantai ini memiliki arus air yang deras.

5. Taman Nasional Lorentz

 

Taman Nasional Lorentz merupakan kawasan konservasi alam yang dijaga berdasarkan prinsip perlindungan sistem penyangga kehidupan, pengawetan keanekaragaman flora dan fauna serta pemanfaatan secara lestari sumber daya alam dan ekosistemnya. Taman Nasional ini terletak di empat kabupaten yaitu Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Paniai, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Fak – Fak. Dengan memiliki luas sekitar 2,4 juta hektar, di Taman Nasional Lorentz ini terdapat 630 jenis burung dan 123 jenis mamalia.  Taman Nasional Lorentz merupakan kediaman Suku Nduga, Dani Barat, Suku Amungme, Suku Sempan, dan Suku Asmat.

 

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.