Primadona Wisata Alami Leang Lorong, Makassar

Banyak daerah di Indonesia memiliki banyak lokasi wisata alam, Kota Makassar juga memiliki obyek wisata alam yang cukup terkenal. Adalah pemandian alam Leang Lorong yang merupakan tempat pemandian yang airnya bersumber dari mata air alami. Lokasi Leang Lorong sendiri secara tepatnya berada di Desa Panaikang, Kecamatan Minasatene, kabupaten Pangkep. Singgah kemari perlu melakukan perjalanan sepanjang 55 kilometer ke arah utara dari pusat kota Makassar.

Primadona Wisata Alam Sulawesi Selatan

Disebut sebagai pemandian alam sebab lokasi wisata alam ini terdapat dua kolam pemandian alami yang airnya pun tidak kalah alaminya. Air yang mengisi dua kolam besar ini datang dari mata air dekat pegunungan sebab lokasinya memang berdekatan dengan pegunungan di Panaikang. Karena alasan inilah pemandian alam ini menjadi terkenal karena kesegaran air yang diberikan. Siapa sangka di zaman seperti sekarang masih terdapat tempat alami yang terjaga dengan baik.

Berkunjung kemari bisa mendapatkan pengalaman mandi seperti keluarga kerajaan di zaman dahulu dan tentunya sangat menyenangkan. Lingkungan sekitar yang juga hijau membuat suasananya asri, sejuk, dan tentu saja sangat alami. Kebanyakan wisatawan yang datang kemari memilih menikmati kegiatan mencelupkan kaki ke dalam kolam. Atau beberapa pun menikmati pengalaman berenang di kolam besar yang sejuk dan menyegarkan ini. Kolam di area Leang Lorong sendiri tidak terlalu dalam sebab tingginya sekitar sepinggang orang dewasa.

Wisatawan yang bermain air disini pun tidak terbatas kepada orang dewasa namun juga anak-anak bahkan balita. Pemandangan alam ternyata juga menjadi daya tarik tersendiri yang membuat pengunjungnya mampir untuk kesekian kalinya. Pepohonan berwarna hijau yang tinggi dan teduh semakin menguatkan nuansa alamnya yang menakjubkan. Kebetulan pula lokasi Leang Lorong juga dikelilingi oleh banyak gunung dan salah satunya mengalirkan air yang mengisi air kolam.

Selain terdapat kolam dengan segala keindahan dan kesejukannya, disini juga terdapat fasilitas lain bagi pengunjung. Salah satunya terdapat beberapa gazebo yang cukup luas sehingga mayoritas pengunjung memanfaatkannya sebagai tempat menyimpan semua barang yang dibawa. Apabila tidak berkeinginan bermain air dan berbasah-basah maka bisa duduk sembari menikmati pemandangan di dalam gazebo tersebut. Selama berada di lokasi pemandian alam ini terdapat sekian kegiatan yang bisa dilakukan termasuk untuk mengisi perut dari dagangan para penjual di sekitarnya.

Berkunjung kemari pun bisa menjadi alternatif untuk menikmati liburan bersama keluarga dengan lebih hemat. Pasalnya untuk bisa masuk ke dalam lokasi pemandian ini hanya dikenai biaya masuk Rp 7.000 per orang untuk dewasa. Sementara bagi anak-anak diatas usia lima tahun hanya dikenakan biaya Rp 5.000 saja. Biaya yang murah meriah ini memberikan semua pengunjung menikmati liburan sepanjang hari di dalam Leang Lorong. Pihak pengelola juga mengakui bahwa Leang Lorong terlihat lebih padat mendekati akhir pekan. Terutama di hari Jumat dan Sabtu-Minggu, sehingga lokasi wisata alami ini juga disebut sebagai wisata akhir pekan.

Bagi yang tertarik dengan semua pesona Leang Lorong ini juga tidak perlu cemas sebab bisa mencapainya dengan mudah. Medan perjalanan yang sudah tertata dengan baik membuatnya mudah dijangkau oleh kendaraan pribadi. Bagaimana jika tidak memiliki kendaraan pribadi? Maka bisa memanfaatkan angkutan umum yang juga tersedia dengan mudah dari Kota Makassar. Sesampainya di Desa Panaikang, para pengunjung bisa datang ke lokasi dengan memanfaatkan jasa ojek 24 jam.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.