Kuliner khas Indonesia yang Bisa Ditemukan di Bulan Ramadhan

Berbuka puasa adalah momen yang paling ditunggu – tunggu setelah seharian menahan lapar dan haus dahaga. Selain untuk beribadah, Bulan Ramadhan juga sangat identik dengan aneka makanan ringan yang beragam dan unik untuk berbuka puasa. Makanan – makanan berbuka puasa atau yang disebut takjil ini biasanya dijual bebas di berbagai tempat, dari restoran, toko kue, sampai penjaja dadakan di pinggir jalan. Semua penjaja takjil ini umumnya memiliki banyak menu yang menggoda selera. Bukan cuma menggoda selera, mereka juga menghadirkan berbagai kreasi takjil yang hanya disajikan di Bulan Ramadhan.

Berikut ini ada beberapa kuliner khas Bulan Ramadhan yang bisa kamu temukan dan menjadi salah satu menu favorit seluruh keluarga di Indonesia. Mau tahu apa saja? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Kolang – kaling

Biasanya kolang – kaling dijadikan sebagai bahan campuran untuk membuat kolak atau es campur. Tak hanya enak, namun kolang – kaling memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan loh! Kandungan karbohidratnya mudah diserap tubuh sehingga tidak akan menumpuk jadi lemak. Popularitas buah kolang – kaling di bulan puasa hampir sama dengan popularitas buah kurma, makanya penjuaan kolang – kaling akan meningkat selama Ramadhan ini.

2. Kolak

Siapa yang tidak kenal kolak? Hidangan yang identik dengan bulan Ramadhan dan yang rasanya manis ini memang menjadi salah satu menu kesukaan saat berbuka puasa. Kolak dibuat menggunakan gula merah, santan dan beragam isi seperti pisang, ubi, singkong, labu dan bisa ditambahkan bahan lainnya. Isian kolak sebenarnya bisa disesuaikan dengan selera masing – masing orang. Namun berikut ragam jenis kolak yang biasa dibuat, diantaranya kolak apel, kolak biji salak ubi ungu, kolak candil ketan, kolak durian, kolak kacang hijau, kolak ketan kelapa muda, kolak kolang kaling, dan lain sebagainya.

3. Sate Susu

Tak hanya terkenal dengan keindahan alamnya saja, namun Pulau Bali juga terkenal dengan wisata kulinernya yang menggoda seperti salah satu nya Sate Susu. Kuliner satu ini menjadi menu andalan buka puasa warga masyarakat kampung jawa yang berada di kota Denpasar, Bali. Sesuai dengan namanya, sate susu ini menggunakan puting susu sapi sebagai bahan dasarnya. Puting susu tersebut kemudian dipotong – potong dadu lalu direbus dan diberi bumbu. Biasanya dalam satu tusuk sate berisi tiga hingga empat potongan susu. Rasa sate susu sangat enak dan empuk karena perebusan sate tersebut berlangsung selama 4 jam. Uniknya lagi, sate ini hanya bisa kamu temukan pada Bulan Ramadhan saja.

4. Ketan Bintul

Kuliner khas Ramadhan lainnya adalah Ketan Bintul yang berasal dari Serang dan cukup banyak digemari. Makanan dengan bahan dasar ketan yang disiram dengan kuah semur daging ini terus digandrungi masyarakat yang sedang melaksanakan ibadah puasa. Selain lezat, sudah pasti makanan pembuka ini mengenyangkan.  Ketannya yang lembut dan gurih menjadikan makanan ini paling banyak diburu warga untuk dijadikan menu favorit berbuka puasa.

5. Gulai Siput

Siput merupakan hewan cangkang bergelung dan berbeda dari keong. Siput memiliki ukuran lebih kecil daripada keong. Untuk membuat Gulai Siput, bumbu yang digunakan seperti bumbu rempah pada umumnya, berwarna kuning serta dicampur santan sehingga terasa kenikmatannya lewat rasa gurihnya.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.