Selain Pempek, Ini Loh Kuliner khas Palembang Lainnya yang Wajib Dicoba!

Palembang merupakan Ibukota Sumatera Selatan yang cukup terkenal dengan Jembatan Ampera nya. Tak hanya terkenal dengan jemabatannya saja, namun kota terbesar kedua di Pulau Sumatera ini memiliki sejumlah destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi ketika sedang berlibur ke Palembang. Sebut saja Sungai Musi, Masjid Ceng Ho Palembang, Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk wisata kuliner nya, Palembang cukup terkenal dengan kuliner Pempeknya. Bahkan tak hanya di Palembang saja, namun kita bisa menemukan kuliner khas Palembang ini di setiap daerah.

Selain Pempek, masih banyak lagi kuliner khas Palembang yang wajib untuk kamu coba. Mau tahu apa saja? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Tekwan

Rasanya sudah tak asing lagi dengan kuliner khas Palembang yang satu ini yaitu Tekwan. Biasanya Tekwan dijajakan bersama pempek, namun bedanya Tekwan menggunakan kuah udang sebagai bahan siramannya. Tekwan ini merupakan olahan yang berbahan dasar dari ikan dan tepung tapioka. Dalam satu porsi Tekwan dilengkapi dengan tambahan sohun, irisan bengkuang, jamur, daun bawang dan seledri, serta siraman kuah udang. Tak lupa juga diberi taburan bawang goreng agar menghasilkan citarasa yang nikmat. Tekwan sangat lezat disajikan selagi hangat.

2. Nasi Minyak

Nasi minyak adalah nasi yang diolah dengan menggunakan minyak samin. Kalau disebut nasi minyak samin, jadinya panjang. Makanya, orang – orang Palembang hanya menyebutnya nasi minyak saja. Untuk memilih lauk untuk dimakan dengan nasi minyak adalah malbi. Malbi adalah daging sapi yang tampilannya mirip dengan rendang Padang yang rasa rempah – rempahnya sangat terasa. Daging malbi ini dimasak manis dengan bumbu bawang merah, bawang putih, kecap dan rempah – rempah. Nasi minyak ini mirip dengan nasi kebuli atau nasi biryani, hanya pada pengolahan dan bumbunya sedikit berbeda.

3. Lenggang

Pempek lenggang terbuat dari pempek lenjer yang di goreng dengan balutan telur dadar, hal ini menjadikan pempek lenjer menjadi lebih spesial dengan tambahan telur di luar atau kebalikan dari pempek kapal selam. Nah untuk membedakannya maka diberi nama Pempek Lenggang.

4. Mi Celor

Mi Celor merupakan salah satu masakan yang cukup populer di daerah sumatera khususnya kota palembang. Mi celor merupakan hidangan mi berkuah santan dan kaldu ebi. Sementara isiannya berupa taoge, irisan telur rebus, seledri, daun bawang, dan bawang goreng.

5. Tempoyak

Berasal dari buah durian, tempoyak dibuat dengan proses fermentasi. Selain dijadikan bumbu masakan, tempoyak juga dimakan langsung bersama nasi hangat.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.