Kuliner khas Indonesia yang Memiliki Citarasa Khas dari Setiap Daerahnya

Indonesia yang terdiri dari berbagai pulau dan memiliki beberapa provinsi, tak heran jika terdapat berbagai macam wisata kuliner yang beraneka ragam dengan ciri khas masing – masing di setiap daerahnya. Citarasa nya yang khas berasal dari berbagai bumbu – bumbu rempah yang digunakan seperti kemiri, cabai, lengkuas, jahe, dan lain sebagainya. Namun, dari banyak nya kuliner khas Indonesia tentu ada beberapa saja yang sudah terkenal ke seluruh pelosok tanah air bahkan hingga ke mancanegara. Nah, berikut ada beberapa kuliner khas Indonesia yang tentunya sudah tak asing lagi di telinga kita. Diantaranya adalah:

1. Gudeg

Sejak puluhan tahun lalu, Gudeg sudah menjadi salah satu kuliner khas yang bisa kita temukan di Kota Jogja. Tak hanya sebagai sentra gudeg, namun kamu bisa menemukan kuliner ini hampir di setiap sudut kota. Masakan berbahan nangka ini menjadi salah satu oleh – oleh yang banyak dicari oleh wisatawan yang sedang berlibur ke Kota Jogja. Gudeg Jogja ini terbagi menjadi tiga jenis yaitu Gudeg Kering, Gudeg Basah, dan Gudeg Manggar. Jika ingin dijadikan sebagai oleh – oleh, biasanya para penjual gudeg akan mengemasnya dengan menggunakan kardus, besek atau kendil yang terbuat dari tanah liat.

2. Rawon

Rawon merupakan kuliner khas Jawa Timur seperti daerah Surabaya. Kuliner ini sudah cukup terkenal di seluruh nusantara, bahkan di setiap pelosok daerah kita akan menemukan kuliner ini dengan mudahnya. Rawon terbuat dari olahan daging sapi yang dimasak menjadi sup dengan tambahan bumbu – bumbu yang pas dan di dalamnya mengandung kluwek. Kuah pada rawon berwarna gelap sehingga menjadi iri khas tersendiri dari kuliner yang satu ini. Pada saat penyajian, rawon sangat nikmat disajikan dengan nasi putih hangat. Satu porsi rawon akan disajikan dengan beberapa potongan daging sapi, tauge kecil, dan kerupuk udang.

3. Pecel Lele

Pecel Lele banyak dijumpai di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah sebagai kuliner yang sederhana namun lezat dan nikmat. Makanan ini merupakan makanan berupa ikan lele yang digoreng sehingga memiliki tekstur yang garing dengan rasa gurih yang sangat enak. Biasanya kuliner ini disajikan dengan sambal yang terbuat dari tomat dan lalapan seperti kemangi, kubis, dan mentimun. Pecel Lele menjadi salah satu menu favorit banyak orang karena harga nya yang cukup terjangkau.

4. Opor Ayam

Nah untuk menu yang satu ini rasanya sudah tak asing lagi, pasalnya setiap Lebaran tiba menu yang satu ini selalu tersaji bersanding dengan ketupat. Opor Ayam merupakan kuliner ayam berkuah santan yang sudah cukup terkenal di seluruh Indonesia. Sesuai dengan namanya, bahan utama yang digunakan adalah daging ayam yang dimasak dengan berbagai macam bumbu rempah dan santan kental.

5. Gulai

Gulai merupakan sajian berkuah yang cukup populer dari Sumatera Barat. Bumbu gurih pedas dengan isian bervariasi membuat gulai jadi pilihan lauk lezat untuk nasi atau ketupat.  Gulai dimasak dalam kuah berempah dengan citarasa gurih. Sebab gulai mendapat pengaruh masakan India yang kaya rempah, contohnya kari. Rempah yang dipakai antara lain kunyit, ketumbar, lengkuas, jahe, adas, jintan dan lainnya. Setelah dihaluskan, rempah dimasak dengan santan. Biasanya gulai Sumatera memiliki kuah bertekstur kental dengan rasa manis atau pedas. Warna kuahnya juga beragam, seperti gulai merah dan gulai kuning.

6. Oseng Kangkung

Satu alasan kenapa cah kangkung jadi menu tepat untuk santap berbuka dan sahur adalah cara membuatnya yang mudah. Tinggal tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai, lantas masukkan kangkung, tuang sedikit air, dan tunggu beberapa waktu. Tara… seporsi oseng kangkung siap tebas laparmu dengan nasi nan hangat serta tempe goreng.

7. Pepes Ikan

Pepes merupakan suatu cara memasak dari Jawa Barat untuk mengolah bahan makanan, biasanya ikan yang dibungkus daun pisang lantas dibakar di atas bara api.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.