Kuliner khas Indonesia yang Hanya Bisa Ditemui Saat Bulan Ramadhan

Indonesia memang sudah terkenal dengan wisata kuliner nya yang beragam, cita rasanya yang khas menjadi salah satu keunikan tersendiri yang dimiliki oleh masing – masing daerah. Apalagi saat Bulan Ramadhan tiba, kuliner yang disajikan semakin beragam. Namun ada beberapa kuliner yang hanya bisa kamu temukan saat di Bulan Ramadhan saja. Di Indonesia terdapat sebuah tradisi di Bulan Ramadhan yang selalu di tunggu – tunggu oleh masyarakat yaitu Pasar Tumpah yang hanya ada di Bulan Ramadhan saja. Di pasar tumpah ini, kamu bisa menemukan aneka macam kuliner khas Ramadhan. Nah, mau tahu apa saja kuliner khas nya? Simak ulasan berikut ini ya!
1. Ketan Bintul

Ketan Bintul merupakan kuliner khas dari Kota Serang Banten. Sesuai dengan namanya, kudapan ini terbuat dari ketan yang di beri taburan serundeng. Kudapan ini paling banyak di buru oleh masyarakat di saat Bulan Ramadhan seperti sekarang ini. Ketan Bintul biasanya disajikan dengan kuah empal daging sapi atau kerbau. Rasanya yang gurih dan lezat membuat perut cepat kenyang, maka dari itu banyak masyarakat yang mencari kudapan ini untuk menu berbuka puasa. Untuk harganya pun cukup terjangkau yaitu untuk satu porsi ketan bintul yang berisi 12 potong, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp. 25.000 dan itu sudah termasuk dengan kuah empal daging nya.

2. Mie Glosor
Jalan – jalan ke Kota Bogor jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas nya yaitu Mie Glosor. Mungkin bagi sebagian masyarakat di luar Kota Bogor, saat pertama kali mendengar kuliner ini agak sedikit asing. Sesuai dengan namanya, bahan utama mie glosor ini adalah mie kuning. Namun tak perlu khawatir, warna kuning pada mie dihasilkan dari pewarna kunyit alami dan aman untuk dikonsumsi. Sebagai pelengkapnya, mie ini ditambahkan dengan bumbu kacang dan berbagai jenis sayuran. Biasanya Mie Glosor ini sangat mudah kamu temukan ketika bulan puasa tiba.

3. Sate Susu

Sate Susu merupakan menu andalan buka puasa warga Kampung Jawa di Denpasar, Bali dan menjadi salah satu menu yang selalu di incar untuk berbuka puasa. Sate Susu ini berbahan dasar puting – puting susu sapi yang dipotong – potong berbentuk dadu kemudian direbus lalu dibumbui. Bumbu yang digunakan pun berbeda dengan bumbu sate pada umumnya yang menggunakan sambal kacang dan kecap. Sate Susu menggunakan bumbu yang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan bumbu rempah.

4. Bongko Kopyor

Bongko Kopyor yaitu salah satu jenis jajanan tradisional yang memiliki nama unik dan menarik dari Kota Gresik. Bongko Kopyor hanya hanya bisa kamu temukan di daerah Gresik dan hanya pada Bulan Ramadhan saja. Kudapan yang  terbuat dari tepung beras dan isian buah pisang ini sangat dicari sebagai menu untuk berbuka puasa. Biasanya Bongko Kopyor dikemas dengan menggunakan daun pisang yang diberi batang lidi sebagai pengait di ujung sisi daun. Isian nya pun terdiri dari berbagai macam seperti irisan buah pisang, roti tawar, serutan daging kelapa muda, serta bubur mutiara.

5. Gulai Siput

Gulai Siput merupakan makanan khas Kepulauan Riau yang sangat banyak digemari masyarakat disana, siput atau keong sebenarnya mudah ditemukan di daerah persawahan. Kalau biasanya kamu sering mendengar gulai terbuat dari ayam, lain lagi dengan makanan khas Riau ini yang berbahan dasar dari siput sawah yang dimasak berkuah santan dan rasanya sangat nikmat.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.