Jalan – Jalan ke Banyuwangi Jangan Lupa Mencicipi Kuliner Dibawah Ini Ya!

Banyuwangi merupakan sebuah kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Jawa dan sudah cukup terkenal oleh wisatawan karena terdapat banyak lokasi wisata yang bisa untuk dikunjungi. Karena memiliki luas yang cukup besar maka kamu harus memiliki banyak waktu untuk menelusuri setiap sudut di kota ini. Destinasi wisata yang sudah cukup terkenal di Banyuwangi seperti Kawah Ijen yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Situbondo. Selain memiliki banyak destinasi wisata yang bisa untuk dikunjungi, Banyuwangi juga sering dijadikan sebagai tempat transit untuk mereka yang ingin berlibur ke Pulau Bali melalui Pelabuhan Ketapang. Nah, setelah puas berkeliling di Kota Banyuwangi maka tak ada salahnya untuk mengisi perut dengan sajian kuliner khas yang ada di Banyuwangi. Mau tahu apa saja kuliner khas nya? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Sego Tempong

Sego Tempong merupakan salah satu kuliner khas Banyuwangi yang gampang sekali untuk dicari karena hampir semua wilayah di Banyuwangi menyediakan menu ini. Biasanya para penjual Sego Tempong ini mulai buka sore hari sampai menjelang tengah malam. Namun ada juga yang buka mulai pagi hari sampai malam. Nah, buat kamu yang belum tahu menu Sego Tempong terdiri dari apa saja? Sego Tempong terdiri dari sepiring nasi panas yang ditambahkan sayuran rebus dan aneka macam gorengan seperti tahu, tempe, ikan asin, dan dadar jagung. Sebagai pelengkap ditambah juga dengan sambal mentah yang super pedas. Untuk sayur yang digunakan menggunakan berbagai macam sayur seperti genjer, kubis, kacang panjang, dan lain sebagainya. Salah satu yang menjadi ciri khas Sego Tempong adalah sajian sambalnya yang khas.

2. Rujak Soto

Sesuai dengan namanya yaitu Rujak Soto yang merupakan hidangan dengan perpaduan antara rujak dan soto. Karena asalnya dari Jawa Timur maka tak heran jika rujaknya ala Jawa Timur yang menggunakan cingur. Biasanya rujak identik dengan buah, namun rujak yang satu ini tidak menggunakan buah hanya saja terdiri dari sayuran yang direbus seperti kangkung, dan tauge yang kemudian di ulek bersama kacang, gula merah dan petis. Nah, rujak yang sudah jadi ini kemudian dimasukkan ke dalam mangkuk yang sudah berisi potongan lontong. Setelah semuanya sudah menjadi satu dalam mangkuk kemudian ditambah dengan siraman kuah soto babat yang masih panas. Soto ini hampir mirip dengan Soto Madura yang memiliki kuah berwarna kuning bening.

3. Rawon

Rasanya sudah tak asing lagi dengan menu yang satu ini yaitu Rawon. Saat berkunjung ke Jawa Timur, akan dengan mudahnya kamu menemukan menu yang satu ini terutama di Banyuwangi. Rawon merupakan menu khas Jawa Timur yang memiliki rasa daging yang empuk dan enak serta kuahnya yang berwarna hitam pekat menjadi salah satu ciri khasnya. Di dalamnya berisi beberapa potongan daging sapi yang dipotong kecil – kecil serta bumbu – bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, laos, kluek dan lain sebagainya. Pada umumnya rawon disajikan dengan nasi putih dan beberapa bahan tambahan seperti tauge kecil, kerupuk udang, daun bawang, daging sapi goreng dan sambal sehingga rasanya dapat menggugah selera makan.

4.  Sego Cawuk

Selain Sego Tempong ada juga Sego Cawuk kuliner khas Banyuwangi yang bisa untuk kamu nikmati. Jika Sego Tempong memiliki citarasa yang pedas namun lain hal nya dengan Sego Cawuk yang lebih cenderung memiliki rasa manis dan gurih yang dapat menggugah selera makan. Rasa manis dan gurih tersebut berasal dari kuah pindang yang digunakan.  Dalam seporsi sego cawuk terdapat berbagai macam jenis lauk pauk yang diberi parutan kelapa muda yang biasanya dicampur dengan teri  teri kecil. Nah, sebelum disajikan Sego Cawuk disiram dengan kuah pindang.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.