Wisata Kuliner di Pesisir Selatan, Nikmati Soto Paru yang Kuahnya Berlimpah Bumbu Rempah

Berkunjung  ke wilayah pesisir Selatan biasanya kita akan menemukan aneka kuliner yang olahannya terbuat dari hasil laut seperti ikan, kerang, seafood. Namun berbeda dengan rumah makan yang satu ini, yang menyajikan Soto Paru sebagai menu utamanya. Mungkin bagi sebagian wisatawan, menikmati hidangan laut merupakan hal yang membosankan ketika berkunjung ke daerah pesisir Selatan maka tak ada salahnya jika menikmati kuliner yang satu ini. Pesisir Selatan merupakan daerah yang memiliki berbagai destinasi wisata dan atraksi yang sangat menari sehingga banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung ke lokasi ini. Apalagi jika wilayah Pesisir Selatan memiliki berbagai agenda menarik menarik di destinasi favoritnya, sebut saja Festival Langkisau, Tour de Sigkarak, Joy Sailing Mandeh, dan akan menyusul di akhir 2016 ini Festival Pesona Mandeh.

Rumah makan soto yang berada di Pesisir Selatan yang menyajikan hidangan Soto Paru adalah kedai milik Bu En atau dikenalnya sebagai Soto Paru Bu En khas Pesisir Selatan. Rumah makan ini berdiri sudah dari 25 tahun yang lalu. Soto ini memiliki sedikit perbedaan dengan soto tetangganya yaitu Soto Padang. Soto Padang juga menggunakan irisan paru kering pada sajiannya, namun tidak sama halnya dengan Soto racikan Bu En yang menambahkan kerupuk kulit yang dipotong dadu kecil dan menggunakan rempah tambahan di dalam kuahnya seperti kayu manis, jahe, pala, dan lain sebagainya.

Soal harga Anda tak perlu khawatir, karena harga yang dipatok di kedai ini terbilang cukup terjangkau yaitu Rp. 16 ribu saja maka Anda sudah bisa menikmati seporsi Soto Paru milik Bu En lengkap dengan  kerupuk kulitnya. Tak hanya menyajikan soto paru saja yang menjadi menu utamanya namun ada juga soto dendeng. Soto Paru milik Bu En ini merupakan satu – satunya soto yang ada di Kecamatan IV Jurai, Painan. Karena memiliki ciri khas tersendiri, soto paru ini sering dijadikan sebagai jamuan wajib untuk para tamu dinas di kantor – kantor pemerintahan seperti Bupati Pesisir Selatan. Seporsi soto paru berisi beberapa potong paru yang diiris tipis nan garing, bihun halus, potongan perkedel kentang, seledri, tomat, bawang goreng dan guyuran kuah yang kaya akan bumbu rempah – rempah. Kuahnya pun akan terasa segar saat diseruput, Parunya juga akan tetap renyah walaupun lama terendam di kuah tersebut.

Yang menjadi ciri khasnya adalah potongan kerupuk kulit yang dipotong dadu kecil dan paling nikmat sebagai teman makan soto paru. Keunikan lainnya yang bisa Anda temui disaat makan soto ini adalah perkedel kentang yang dipotong – potong berukuran sekitar 2 cm. Awalnya perkedel tersebut dibuat berukuran besar – besar lalu kemudian dipotong kecil – kecil hingga berukuran 2 cm  sehingga bisa untuk 10 hingga 15 porsi. Lokasi kedai ini ada di Kecamatan IV Jurai, Kota Painan atau lebih tepatnya berada di kawasan Pasar Salido dan sangat dekat dengan Pantai Carocok Painan. Saat libur panjang dan perayaan hari raya, kedai soto ini dapat menjual hingga 500 porsi sedangkan di hari biasa dan akhir pekan rata-rata terjual 300 porsi.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.