Kuliner dari Olahan Kambing yang Hits dari Dulu Hingga Kini

Di Indonesia, daging kambing bisa diolah menjadi berbagai jenis hidangan. Tak hanya bagian dagingnya saja, namun tulang, jeroan seperti hati dan lain – lainnya bisa diolah menjadi kuliner yang lezat. Nah, di Kota Jakarta terdapat begitu banyak kuliner yang terbuat dari olahan kambing dan rasanya pun sudah cukup melegenda. Untuk rasanya tak perlu diragukan lagi, dijamin enak dan lezat. Daripada penasaran, berikut ada tiga rekomendasi tempat wisata kuliner kambing di Jakarta yang bisa dikunjungi. Diantaranya adalah:
1. Warung Pak Maman, TPU Petamburan
Meskipun lokasinya di sekitar Taman Pemakaman Umum Petamburan, Waung Pak Maman selalu ramai dikunjungi pelanggannya mulai pukul 5 sore hingga pukul 12 dinihari. Di warung ini menyediakan berbagai jenis olahan yang berbahan dasar dari kambing seperti sate, sop, gulai kambing, nasi goreng kambing dengan bumbu kebuli, dan lain – lain. Olahan kambing di warung makan ini terkenal empuknya, tidak berbau, dan rasanya yang istimewa. Rahasia pengolahannya ada pada daging kambing yang digunakan yaitu menggunakan paha kambing dan melalui tahap pengeringan setelah kambing dipotong. Untuk satu porsi sate kambing di warung Pak Maman berisikan 10 tusuk yang dimana setiap tusuk berisikan tiga potong dadu daging kambing.

2. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Tentunya sudah tak asing lagi dong dengan kuliner khas Indonesia yang satu ini? Yap, Nasi Goreng. Jika pada umumnya nasi goreng menggunakan ayam atau telur dadar sebagai bahan tambahannya namun lain hal nya dengan nasi goreng yang satu ini yaitu Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih. Nah, tempat wisata kuliner nasi goreng yang satu ini sudah cukup terkenal di Kota Jakarta. Tak heran jika setiap malam banyak pelanggan setianya mampir ke kedai ini untuk mencicipi lezatnya Nasi Goreng Kambing. Kelezatan di tiap suapannya hampir mirip dengan nasi kebuli, potongan daging kambing yang berbentuk dadu melengkapi santapan nasi goreng yang disajikan bersama emping. Selain menu nasi goreng, di warung nasi goreng ini juga tersedia menu sate kambing, sate ayam, dan sate hati kambing. Warung nasi goreng ini sudah berdiri sejak tahun 1958. Harga seporsi nasi goreng kambing Rp 30.000, dan buka mulai pukul 17.00-02.00 WIB. Khusus akhir pekan buka hingga pukul 03.00 WIB.

3. Sate dan Gulai Kambing Sabang, Menteng

Warung makan lainnya yang menyediakan menu sate kambing adalah Kedai Sate Lamongan Jaya Agung atau biasa disebut dengan Sate Sabang. Kedai ini sudah berdiri sejak tahun 1963 dan sudah cukup legendaris di Menteng bahkan di Kota Jakarta. Sesuai dengan namanya, kedai ini menyajikan menu sate yang dimana sate di kedai ini cukup terkenal dengan potongan daging kambingnya yang begitu besar dan sangat empuk. Dalam satu tusuk sate terdapat empat potong daging kambing yang berukuran 2 cm hingga 3 cm. Bumbu yang digunakan menggunakan bumbu kacang yang berwarna coklat kehitaman karena dicampur dengan kecap.
Usut punya usut, kedai ini memang menjadi tempat favorit wisatawan atau perantau dari Makassar untuk menikmati olahan kambing. Lokasi kedai ini berada di perempatan antara Jalan Sabang dengan Jalan Wahid Hasyim. Setiap hari, kedai ini buka mulai pukul 08.00-24.00 WIB. Harga satu porsi sate kambing berisi 10 tusuk Rp 57.000, sedangkan gulai Rp 27.000.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.