Berbagai Kuliner yang Berbahan Dasar Dari Olahan Daging Kurban

Datangnya Hari Raya Idul Adha disambut suka cita oleh semua umat muslim. Tk hanya mereka yang menunaikan ibadah Haji namun juga bagi mereka yang memanfaatkan momen tersebut untuk berkumpul bersama keluarga. Begitu pula mayoritas masyarakat Indonesia yang menantikan pembagian daging kurban. Namun jika Anda mendapatkan daging kurban dan bingung mau di buat apa, berikut ada beberapa olahan yang berbahan dasar daging yang bisa Anda coba. Diantaranya adalah:*

1. Bakso Sapi
Kuliner yang satu ini sudah tidak terlalu asing terdengar di telinga masyarakat Indonesia, bisa dibilang kuliner yang satu ini merupakan salah satu kuliner favorit orang Indonesia. Bakso merupakan olahan yang berbahan dasar daging sapi yang digiling. Saat ini bakso sudah beragam jenisnya seperti bakso urat, bakso isi telur dan lain sebagainya. Jika masih bingung untuk menentukan perbandingan antara tepung dan dagingnya maka Anda bisa membawanya ke tukang penggilingan untuk diolah. Di penggilingan tersebut bahan – bahan tersebut diolah menggunakan bumbu, es batu, bawang putih, telur dan lain – lain.

2. Sengkel Sapi Masak Bumbu Mangut
Sengkel merupakan bagian depan atas kaki sapi yang dapat kamu olah menjadi sajian lezat. Sebelum dicampurkan dengan bumbu, sengkel sapi bisa Anda potong – potong terlebih dahulu lalu kemudian direbus hingga empuk. Olahan sengkel sapi bumbu mangut ini semakin nikmat jika kamu santap bersama nasi hangat.

3. Bebalungan Sapi
Bebalungan Sapi merupakan salah satu makanan khas dari daerah Lombok yang dimana bagian iga nya diolah menjadi kuliner yang sangat melezatkan. Hidangan yang satu ini memiliki cita rasa asam pedas sehingga memunculkan sensasi yang menyegarkan. Bumbu – bumbu untuk memberikan cita rasa yang khas pada hidangan tersebut mulai dari daun asam, air asam, serta terasi yang dibakar.

4. Tumis Kecombrang Daging Sapi
Jika Anda bosan dengan olahan daging sapi yang diolah dengan kuah atau santan maka bisa juga dengan cara menumis daging tersebut. Menu tumis kecombrang daging sapi bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan untuk menikmati daging kambing ketika Idul Adha. Biasanya bagian daging yang cocok untuk ditumis adalah tetelan lalu dimasak dengan menggunakan bunga kecombrang yang memberikan  aroma yang sangat khas. Namun untuk Anda yang suka dengan petai bisa menambahkan petai ke dalam tumisan tersebut.

5. Sate Daging Manis Bumbu Kacang
Selain bakso ada juga sate yang menjadi kuliner favorit warga Indonesia. Biasanya sate bisa Anda temukan di jajanan pinggir jalan hingga restaurant. Sebelum daging tak terlalu gosong ketika dibakar, lebih baik masak terlebih dahulu dengan bumbu halus yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, asam jawa, gula merah, jintan, merica, ketumbar dan garam. Setelah agak empuk diamkan selama dua jam kemudian tusuk dan bakar.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.