Keunikan Soto Banyumas yang Nikmatnya Dapat Memanjakan Lidah Penikmatnya

Soto merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang sangat di gemari oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Kuliner yang satu ini sudah sangat terkenal hingga ke pelosok kota di Indonesia. Dan uniknya lagi setiap daerah memiliki ciri khas masing – masing dalam meracik kuliner yang satu ini sebut saja Kota Jakarta yang terkenal dengan Soto Betawinya dengan kuah santan serta tambahan emping. Namun lain hal nya jika soto yang berada di Jawa Tengah yaitu Soto Banyumas. Khusus kamu yang memiliki rencana berlibur atau jalan – jalan ke Banyumas, jangan sampai  kelewatan untuk mencicipi kuliner yang satu ini ya.

Tak seperti pada umumnya, soto Banyumas ini memiliki keunikan tersendiri dalam seporsi sotonya. Soto Banyumas berisi irisan ketupat yang ditambahkan dengan tauge, daun bawang, seledri, soun, daging sapi atau ayam, serta ditambahkan kerupuk kanji yang berwarna – warni. Untuk bumbunya sendiri menggunakan jahe, kemiri, kunyit, bawang putih dan merica. Semua bumbu – bumbu tersebut ditumis lalu dicampurkan ke dalam kuah soto tersebut. Hal lainnya yang membuat kuliner satu ini tambah lezat adalah bumbu kacangnya. Bumbu kacang yang digunakan pun bukan bumbu kacang yang digunakan pada masakan pecel melainkan bumbu kacang yang terbuat dari kacang tanah yang dicampurkan dengan bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, kencur, gula, garam, air asam dan air yang ditumis bersama – sama.

Meskipun terdapat banyak kedai yang menawarkan Soto Banyumas ini namun yang paling terkenal adalah Soto Sutri yang berada di Jalan Pramuka Rt 003 Rw 001 Sokaraja, Kabupaten Banyumas dan Soto Jalan Bank yang berada di Jalan RA Wiriaatmaja, Purwokerto. Mengenai harganya kamu tak perlu khawatir, karena seporsi soto ayam ini bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp. 10 ribu hingga Rp. 15 ribu setiap porsinya. Namun berbeda dengan Soto Banyumas yang dibanderol mulai dari Rp. 15 ribu hingga Rp. 20 ribu setiap porsinya.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.