Hutan Bambu Klatakan, Destinasi Baru di Kawasan Sekitar Candi Borobudur

Mungkin sudah tidak terlalu asing mendengar obyek wisata yang satu ini apalagi obyek wisata tersebut termasuk ke dalam salah satu dari tujuh keajaiban yang ada di dunia. Candi Borobudur merupakan salah satu obyek wisata yang sudah mendunia bahkan tak jarang wisatawan asing pun datang berkunjung ke lokasi tersebut untuk melihat candi Budha terbesar di Indonesia itu. Nah, jika kamu berencana untuk mengisi liburan ke obyek wisata tersebut, jangan lupa untuk berkunjung ke lokasi – lokasi wisata yang ada di sekitar Candi Borobudur. Lokasi wisata di sekitar Candi Borobudur pun tak kalah indahnya dengan keindahan Candi Borobudur.

Salah satu lokasi wisata yang wajib kamu kunjungi adalah Kampung Bambu Klatakan. Kampung Bambu ini cukup dekat dengan Candi Borobudur, cukup menempuh perjalan sekitar 5 kilometer saja maka kamu akan sampai di lokasi. Bagi yang belum tahu, Kmapung Bambu ini terletak di Dusun Bojong, Desa Wringinputih, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Untuk menuju ke  lokasi tersebut, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor atau bisa juga dengan menggunakan delman. Untuk rute nya kamu cukup melewati jalan setapak perkampungan dan perkebunan milik warga. Setelah melewati perkampungan dan perkebunan warga maka sampailah di lokasi yaitu kawasan hutan bambu yang memiliki luas 20 hektare dan masih memiliki cuaca yang sangat sejuk. Setelah capek menyusuri perkampungan dan perkebunan warga maka di kawasan hutan bambu tersebut kamu bisa melepas lelah dengan duduk di kursi – kursi yang terbuat dari bambu dan telah disediakan di berbagai sudut.

Tak hanya menawarkan keindahan alamnya saja namun disini kamu juga dapat merasakan suasana yang sangat sejuk dan masih terpelihara kealamiannya. Jika kamu lapar, kamu bisa mengunjungi penual – penjual makanan yang terdapat di kawasan hutan bambu tersebut. Penjual – penjual tersebut menjajakan berbagai menu tradisional seperti nasi jagung kluban, bubur sayur, jenang, lemper, singkong bumbu ingkung, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kawasan hutan bambu ini sebelumnya sangat rimbun, namun warga sekitar memperbaiki serta membersihkan agar bisa menjadi tempat wisata oleh para pengunjung.

Meskipun terbilang baru, Hutan Bambu Klatakan sering di kunjungi oleh para wisatawan dan sangat di dukung oleh Taman Wisata Candi Borobudur. Keindahan lainnya yang bisa kamu jumpai di kawasan Hutan Bambu Klatakan adalah Sungai Tangsi, Progo dan Gending. Saat sore menjelang, kamu juga bisa melihat sunset di kawasan ini. Rumah Pohin dan hamparan lahan yang dilalui mobil offroad pun bisa kamu jumpai selama berada di kawasan tersebut.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.