Kerupuk Basah, Kuliner khas Kapuas Hulu Sekilas Mirip Pempek Palembang

Berkunjung ke suatu daerah di Indonesia rasanya tak lengkap jika seBelum mencicipi kuliner khas dari daerah tersebut. Nah, salah satu kota yang ada di Indonesia yang wajib kamu cicipi kuliner khas nya adalah Kota Putussibau yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Kuliner khas yang sudah cukup terkenal dari daerah tersebut adalah Kerupuk Basah yang terbuat dari ikan. Mengingat daerah ini adalah salah satu penghasil ikan air tawar terbesar di daerah Kalimantan Barat. Sekilas kuliner yang satu ini hampir mirip dengan pempek khas Palembang hanya saja yang membedakan adalah ukurannya yang memiliki panjang sekitar 15 hingga 25 cm.

Meskipun kuliner ini bernama kerupuk basah namun kuliner ini berbahan dasar dari ikan toman dan ikan belida. Biasanya setiap kedai yang menyajikan kuliner ini pasti selalu menyediakan dua jenis sambal cabe sesuai dengan selera nya masing – masing. Pembuatannya pun tidak terlalu sulit yaitu bahan utamanya ditambahkan dengan sedikit tepung lalu kemudian di kukus. Sangat nikmat di sajikan selagi hangat dengan aroma ikan nya yang sangat khas. Cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 10 ribu hingga Rp. 15 ribu saja maka kamu sudah bisa menikmati lezatnya seporsi kerupuk basah tersebut.

Tak hanya di Kapuas Hulu saja namun kuliner ini juga bisa kamu temukan di sejumlah daerah seperti Sintang, Sekadau, Sanggau, termasuk Kota Pontianak yang posisinya persis berada di sepanjang aliran Sungai Kapuas. Nah, jika kamu penasaran dengan rasanya maka tak ada salahnya jika sesekali berlibur ke Pontianak untuk menikmati kuliner khas tersebut. Selain nikmat di makan di tempat, kuliner ini juga bisa dijadikan sebagai oleh – oleh untuk dibawa pulang. Biasanya penjual akan menyiapkan kemasan dan melumuri kerupuk basah ini dengan tepung sesuai dengan durasi perjalanan yang akan kita tempuh untuk pulang, sehingga oleh – oleh ini masih bisa dinikmati saat tiba di rumah dengan dikukus terlebih dahulu

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.