Melihat Panorama Keindahan Matahari Terbenam dari Puncak Bukit Langkisau

Matahari terbenam atau biasa disebut dengan sunset merupakan waktu dimana matahari menghilang di bawah garis cakrawala di sebelah barat. Pemandangan ini sangat dicari oleh wisatawan yang sedang berlibur di pantai. Namun keindahan sunset ini juga bisa kamu lihat dari salah satu puncak tertinggi di Kabupaten Pesisir Selatan yaitu ukit Langkisau, Sumatera Barat. Bukit Langkisau ini merupakan salah satu obyek wisata andalan bagi Kota Painan. Bukit ini memiliki ketinggian 400 meter di atas permukaan laut dan terletak diantara Nagari Salido dan Kota Painan. Untuk menuju ke bukit tersebut membutuhkan waktu sekitar 10 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor dari Painan atau 5 menit dari Pantai Carocok.

Jalan Menuju Bukit Langkisau

Untuk menuju bukit tersebut maka kamu harus menyusuri perjalanan yang terdapat tanjakan sekitar 120 hingga 130 derajat serta jalan yang berkelok – kelok. Tak perlu khawatir, meskipun akses jalan yang berkelok – kelok namun akses jalannya sudah rapi dan dapat dilalui dengan dua mobil kecil sekaligus. Sesampainya disana, kamu tidak akan dipungut biaya masuk hanya saja membayar parkiran sebesar Rp. 3 ribu untuk motor dan Rp. 5 ribu untuk mobil. Setelah itu, untuk sampai puncak tertinggi Bukit Langkisau maka kamu harus menaiki 50 anak tangga. Lelah sedikit bukan masalah, karena sesampainya di puncak kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Bukit Langkisau di Malam Hari

Dari puncak Langkisau ini, kamu bisa memandangg keindahan pantai Samudera Indonesia serta dapat melihat Pantai Salido dan Pantai Sago yang membujur ke arah utara. Hamparan pulau – pulau kecil dikelilingi lautan antara Pantai Carocok dan Kota Padang dengan keindahan alamnya yang sangat mempesona. Beralih pandang ke arah yang lain, maka kamu bisa melihat ketenangan laut di Teluk Painan. Dari puncak Langkisau ini juga kamu bisa melihat hampir keseluruhan Kota Painan. Bagi pecinta fotografi yang ingin memotret keromantisan kota Painan, maka datang lah kepuncak Bukit Langkisau ini pada malam hari untuk mengabadikan pemandangan kota Painan dengan lampu –¬†lampunya yang indah.

Sunset Sore Hari di Bukit Langkisau

Jika ingin menikmati sunset di sore hari maka kamu bisa datang di jam 17.30 WIB, di jam itu matahari akan terbenam dan menyuguhkan keindahan alam yang sangat memukau. Di sela – sela pulau kecil, matahari itu bak kembali ke perisitirahatannya. Lapisan langit dan lautan pun sontak menguning, memancarkan sisa-sisa energi dari matahari. Melihat terbenamnya matahari ke laut dari ketinggian merupakan pengalaman tersendiri bagi wisatawan. Jika beruntung, pengunjung dapat juga melihat matahari membelah teluk Pesisir Selatan di sana.

Kejuaraan Paralayang di Bukit Langkisau

Pada sore hari di musim hujan, Kabupaten Pesisir Selatan memang kerap diguyur hujan, tapi tak lama akan menyuguhkan warna warni yang padu di langit pesisir. Selain pemandangan, bukit tersebut terkenal dengan olahraga paralayang. Bukitnya yang aman dan pemandangan yang indah membuatnya kerap dipilih menjadi tempat berbagai kompetisi paralayang tingkat nasional maupun internasional. Untuk mencoba paralayang, pengunjung perlu membayar Rp 300.000, dan akan terbang bersama pilot yang telah tersertifikasi oleh Federasi Aero Sport Indonesia (FASI).

Share this:

Leave a comment