Menilik Keindahan Alam di Kawasan Terujung Indonesia Bagian Barat

Setiap kita menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia pastinya tak lepas dari salah satu daerah yaitu Sabang. Mengingat Indonesia memang memiliki daratan dan perairan yang sangat luas mulai dari Sabang sampai Merauke. Kamu pastinya membayangkan seberapa besar pulau ini. Sabang merupakan salah satu kawasan yang terletak di paling ujung Barat Indonesia tepatnya di Aceh. Mungkin nama pulau ini sudah tidak asing lagi terdengar di telinga Anda.

Kawasan yang mempunyai julukan Serambi Mekkah ini mungkin kurang populer di sektor wisatanya, apalagi dengan banyaknya peraturan – peraturan bagi pengunjung yang ingin berkunjung kesini. Mulai dari penggunaan pakaian yang tertutup hingga etika yang baik, sehingga cukup jarang bertemu wisatawan yang berasal dari mancanegara berkunjung kesini.

Hal ini menjadikan Aceh terbilang sebagai kawasan wisata dengan potensi yang belum terbuka bagi asing dan terasa terasingkan, padahal sebenarnya tidak. Anda sendiri mungkin lebih mengenal wisata kuliner yang berasal dari wilayah ini dibandingkan dengan kawasan lain. Sedapnya kopi khas Aceh, mie Aceh, tertarik hingga keleponnya. Namun dibalik itu semua sebenarnya ia juga menyimpan potensi wisata yang ingin ditawarkan keluar, baik dari segi keindahan alam maupun sejarahnya.

Bagi kalian yang ingin berkunjung ke Aceh ketika liburan tiba, mungkin kamu harus mengikuti dan menyesuaikan diri dengan budaya masyarakat aslinya. Tapi kamu tidak perlu khawatir ketika berkunjung kesini, justru disini banyak sekali tawaran wisata yang menarik yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya adalah obyek wisata laut, meskipun sebelumnya Aceh terkena bencana alam tsunami terbesar namun kamu tidak perlu khawatir karena tanpa adanya gempa gelombang tersebut tidak akan terjadi lagi. Jadi Anda tetap aman dalam mengunjungi tempat-tempat tersebut.

Aceh juga menawarkan obyek wisata pantai untuk melakukan aktivitas diving. Kawasan yang berada di bagian barat Indonesia ini memiliki surga bawah laut yang sangat menakjubkan. Disini kamu juga bisa melihat langsung bagaimana kehidupan biota laut yang berenang bebas di tambah dengan keindahan karang yang ada didalamnya. Tidak hanya itu saja, disini juga terdapat spot – spot menarik yang bisa kamu jadikan untuk memancing. Daya tarik wisata bahari yang terdapat disini cukup terkenal bahkan sebelum terjadinya tsunami. Setelah bencana alam tersebut, banyak yang enggan mengunjungi tempat wisata tersebut. Diperlukan waktu yang cukup lama untuk memulihkan kunjungan dari wisatawan lagi.

Selain wisata alam yang di tawarkan, disini juga terdapat banyak tempat wisata sejarah yang bisa kamu kunjungi misalnya menapaktilasi perjuangan masyarakat yang pernah tertimpa bencana alam tsunami tersebut. Merupakan hal yang tidak boleh dilewati ketika kamu berkunjung ke Aceh. Meskipun bencana alam nya sudah cukup lama, namun peristiwa alam ini masih meninggalkan luka bagi keluarga yang ditinggalkan.

Sudah datang jauh – jauh ke Aceh tak lengkap rasanya kalau hanya berwisata alam saja. Wisata belanja mungkin bisa jadi pelengkap perjalanan wisata kamu ketika berkunjung kesini. Ada banyak jajanan khas yang bisa kamu bawa pulang untuk dijadikan sebagai oleh – oleh. Tidak tanggung – tanggung untuk kamu yang suka dengan berbagai macam busana dan tas lokal, disini terdapat beberapa toko khas oleh – oleh yang bisa kamu kunjungi. Agar wisata ini semakin dikenal berbagai bagian dari dinas pariwisata terus saja mengupayakan beragam cara untuk memperkenalkannya ke berbagai kalangan, tak hanya lokal saja melainkan juga mancanegara. Bagi kamu yang bingung menghabiskan waktu libur kemana tak ada salahnya mencoba liburan ke bagian terujung Indonesia ini.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.