Pesona Keindahan Alam di Desa Air Anyir, Bangka Belitung

Mengunjungi suatu daerah untuk tujuan wisata biasanya hanya menyuguhkan satu obyek wisata saja untuk dijadikan destinasi. Namun ada sesuatu yang berbeda ditawarkan oleh daerah Merawang, Bangka Belitung yang terdapat satu daerah dengan banyak obyek wisata yakni Desa Anyir yang memberikan empat tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Desa Anyir menawarkan tidak hanya satu atau dua pantai cantik melainkan memberikan empat pilihan pantai yang menawan.

Empat Pulau Cantik Menawan Hati

Berkunjung ke Desa Anyir sangat ideal bagi siapa saja yang merasa jatuh hati kepada obyek wisata pantai yang indah dan mempesona. Adapun empat pantai yang ditawarkan adalah Pantai Karang Emas, Pantai Pukan, Pantai Karang Merah, dan juga Pantai Kuala. Semua pantai cantik ini menawarkan sebuah hamparan pasir yang putih dan bersih khas Pulau Bangka Belitung. Kemudian semuanya juga memberikan pemandangan deretan pohon cemara yang berjejer sangat rapi.

Berniat menyambangi semua pantai cantik tersebut atau salah satunya pun tidak perlu khawatir akan medan perjalanan. Pasalnya lokasi keempat pantai ini terbilang strategis dan bisa dijangkau tanpa perlu menghabiskan waktu berjam – jam di perjalanan. Kawasan Desa Air Anyir sendiri berada di sekitar 10 kilometer dari Kota Pangkal Pinang. Kemudian jika ditempuh dari Sungailiat pun hanya menempuh perjalanan berjarak 15 kilometer saja. Perjalanan yang cukup singkat untuk mendapatkan sebuah suguhan pemandangan pantai yang menawan hati.

Sepanjang perjalanan wisatawan akan mendapati medan beraspal yang mulus hingga sampai ke Desa Air Anyir itu sendiri. Bagi masyarakat Bangka, pantai cantik di Desa Anyir sudah menjadi tempat wisata favorit di akhir pekan. Maka saat mendekati momen akhir pekan dan liburan akan ada banyak pengunjung yang datang bersama keluarga. Hal ini juga tidak terlepas dari kondisi pantainya yang aman dan enak untuk dijadikan area mandi dan main air laut. Rimbunan pepohonan cemara memberikan kesejukan tersendiri diantara desiran angin laut.

Tidak sedikit keluarga yang menjadikan pantai – pantai ini sebagai lokasi untuk bercengkerama dan bercerita bersama anggota keluarga lainnya. Air lautnya pun tidak kalah memukau sebab sangat jernih dan dari kejauhan terlihat berwarna hijau kebiruan. Beberapa tahun terakhir pihak Pemdes Air Anyir memberikan perhatian yang lebih untuk menunjang sarana dan prasarana kunjungan wisata. Hingga saat ini telah banyak fasilitas akomodasi sebagai tempat bermalam dengan pilihan yang bervariasi sesuai kebutuhan wisatawan.

Suguhan Lain Desa Air Anyir

Pemerintah desa juga memberikan informasi tambahan, bahwa di Desa Air Anyir tidak hanya menawarkan obyek wisata pantainya saja. Sebab setiap tahun rutin diadakan atraksi budaya yakni Rebo Kasan yang merupakan tradisi untuk memohon keselamatan. Tradisi ini sudah dikenal sejak turun – temurun dan hingga saat ini masih abadi dan digelar secara rutin. Melihat langsung atraksi budaya ini menjadi sebuah nilai tambah bagi wisatawan untuk memahami keanekaragaman kebudayaan lokal khas Air Anyir.

Bagi yang tertarik untuk menyaksikan tradisi Rebo Kasan bisa datang kemari di bulan Desember mendatang. Tradisi ini menawarkan sebuah kegiatan yang dilakukan sebagai tradisi, dimana masyarakat sekitar mencari kepiting bersama – sama. Pencarian dilakukan di malam hari dengan memakai lampu karbit dan menampakkan sebuah pemandangan langka yang indah. Biasanya kepiting yang ditangkap adalah jenis Rajungan dan juga kepiting Bakau. Selain itu juga terdapat kegiatan mencari kerang putih yang dilakukan setiap tahun dan layak dijadikan bahan tontonan wisatawan.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.