Keindahan Air Terjun Ledok Pokoh yang Tidak Ada Duanya

Grojogan Lepo atau bernama lain Air Terjun Ledok Pokoh merupakan salah satu wisata air terjun yang cukup terkenal di Kabupaten Bantul. Air Terjun ini sudah dibuka sejak tahun 2013 lalu dan saat ini mampu menarik minat wisatawan untuk datang ke obyek wisata air terjun ini. Awal mula nya air terjun ini ditemukan oleh Lurah Dusun Pokoh yaitu Bahrun Wardoyo. Beliau merupakan seorang yang suka mencari tempat – tempat yang bisa dijadikan sebagai lokasi wisata. Air Terjun Lepo ini berada di antara dua lereng pegunungan sehingga menyuguhkan keindahan alam yang sangat mempesona. Akses jalan menuju kawasan Air Terjun Lepo pun tidak terlalu sulit karena sudah di cor semen dan tanah berbatu. Namun hanya saja kamu perlu berhati – hati karena terdapat beberapa bebatuan yang licin. 

Sesampainya di lokasi Air Terjun kamu akan merasakan suasana yang sejuk karena terdapat pepohonan yang rindang, ditambah lagi dengan gemuruh suara air terjun yang menambah asri suasana sekitar. Di sekitar air terjun terdapat beberapa gazebo yang bisa kamu gunakan untuk duduk santai sambil menikmati keindahan alam sekitar. Menuju ke lokasi wisata Air Terjun Lepo kamu tak perlu khawatir tersasar karena penduduk nya yang ramah sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Rute terdekat menuju ke Air Terjun Lepo dari pusat Kota Yogyakarta yaitu melewati Jalan Imogiri Timur. Sesampainya di area parkir, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Air Terjun Grojogan Lepo dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak sejauh 100 meter.

Air Terjun Grojogan Lepo terdiri dari beberapa tingkatan air terjun yang berada dalam satu aliran sungai. Air terjun pertama berada di samping tempat penarikan sumbangan. Ketinggian air terjun pertama ini cukup rendah dan kurang dari satu meter. Pemandangannya terkesan kurang menarik karena hanya terlihat sepertinya aliran sungai saja. Pada bagian bawahnya membentuk sebuah cekungan alami mirip kolam yang dapat digunakan untuk berenang. Kedalamannya sekitar 1 meter hingga 1.5 meter. Cahaya matahari yang mengintip melalui celah-celah pepohonan yang rindang, memendarkan cahaya yang bercampur dengan butiran – butiran air yang pecah di sekitar air terjun, menimbulkan pelangi kecil di sekitar air terjun. Hal tersebut menjadikan pemandangan yang eksotis dan menawan.

Jika sedang beruntung, kamu dapat melihat burung – burung kecil yang sedang mandi di sekitar air terjun sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang ke lokasi wisata tersebut. Biasanya kawasan ini juga dijadikan sebagai tempat untuk camping dan outbond. Untuk lokasi camping berada di sebelah utara air terjun dekat dengan kawasan pepohonan jati. Untuk memasuki kawasan air terjun Lepo, pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Pengunjung Air Terjun Grojogan Lepo dipersilakan memberikan sumbangan seikhlasnya untuk pengelolaan wisata air terjun ini. Sumbangan berupa uang sebagai pengganti tiket masuk dimasukkan kedalam kotak sumbangan yang ada di pinggir jalan setapak. Hasil dari sumbangan tersebut digunakan untuk membangunan fasilitas pendukung wisata dan mensejahterakan masyarakat sekitar.

Share this:

Leave a comment