Jurang Tambelan, Wisata Baru di Bantul yang Sedang Hits

Berbicara mengenai destinasi wisata di Jogja memang tak akan ada habisnya karena Jogja memiliki berbagai jenis obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Wisata Kebun Buah Mangunan Dlingo yang berada di daerah Bantul, Yogyakarta. Meskipun belum setenar obyek wisata lainnya yang ada di Yogyakarta namun Kebun Buah Mangunan memiliki daya tarik tersendiri sehingga banyak wisatawan yang datang berkunjung ke obyek wisata tersebut. Keindahan alam nya yang sangat mempesona membuat obyek wisata yang satu ini memiliki potensi wisata yang sangat besar. Lokasinya yang berada di kawasan perbukitan memuat siapa saja yang berkunjung ke lokasi ini seperti merasakan berada di atas puncak.

Di Kebun Buah Mangunan tersebut, kamu bisa menikmati beraneka macam buah – buahan seperti mangga, rambutan, jambu air, manggis, jambu biji, dan lain sebagainya sesuai musimnya. Di daerah Mangunan memang tak hanya Gardu Pandang Mangunan saja yang terkenal, ada lagi lainnya yaitu Bukit Panguk Kediwung, Bukit Mojo, dan yang terbaru adalah Jurang Tambelan. Jurang Tambelan merupakan salah satu spot wisata terbaru di dekat Mangunan yang mengadopsi konsep seperti Bukit Panguk. Kawasan Jurang Tambelan masih tergolong sepi karena belum lama di kembangkan, namun akhir – akhir ini menjadi hits di sosial media karena gardu pandangnya yang unik dan pemandangannya pun tak kalah bagusnya jika dibandingkan dengan Bukit Panguk atau Mangunan.

Di lokasi gardu pandang Jurang Tambelan ini, kamu bisa menikmati pesona sunrise atau negeri diatas awan dengan kabut pagi hari yang berada tak jauh dari Kebun Buah Mangunan. Lokasi Jurang Tambelan tidak terlalu luas, cukup sempit namun memiliki view yang sangat menarik. Obyek wisata Jurang Tambelan memiliki beberapa gardu pandang untuk menikmati sunset dan berfoto ala Negeri Atas Awan seperti di Bukit Panguk. Namun bedanya, disana kamu bisa melihat pemandangan Sungai Oya dan hamparan pepohonan yang indah. Untuk fasilitas lainnya terdapat 2 – 3 warung kecil yang menjajakan aneka macam makanan ringan, area parkir yang cukup luas, musholla, toilet.

Nah, untuk kamu yang ingin berkunjung ke Jurang Tambelan maka kamu bisa mengikuti arak ke Gardu Pandang Mangunan. Sesampainya di daerah pintu masuk Gardu Pandang maka kamu akan melihat plang menuju ke Bukit Panguk setelah itu ikuti saja jalur tersebut hingga menemukan petunjuk menuju ke Jurang Tambelan yang berada di sebelah kanan. Untuk akses menuju Jurang Tambelan terbilang cukup curam maka disarankan jika ingin berkunjung kesana menggunakan motor saja. Untuk saat ini belum ada retribusi ketika masuk ke kawasan Jurang Tambelan, hanya saja kamu cukup membayar Rp. 2 ribu saja untuk membayar parkir kendaraan.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.