Jalan – Jalan ke Bogor Jangan Lupa Cicipi Lima Kuliner Khas nya Ya!

Bogor memang cukup terkenal dengan destinasi wisata alamnya yang mempesona serta udara nya yang sejuk, tak heran jika warga Jakarta dan sekitarnya memilih kota ini sebagai salah satu kota tujuan saat akhir pekan tiba. Berbagai destinasi wisata alam seperti Puncak, Kebun Raya Bogor, Taman Safari, dan lain sebagai nya bisa kamu pilih sebagai tempat tujuan berlibur kamu. Setelah puas berjalan – jalan, rasanya belum lengkap jika belum mencicipi kuliner khas dari kota yang satu ini. Nah, berikut ada lima rekomendasi kuliner khas Bogor yang bisa kamu coba loh! Mau tahu apa saja? Simak ulasannya dibawah ini ya!

1. Laksa Bogor

Laksa merupakan kuliner yang berasal dari perpaduan Budaya Melayu dan Tionghoa yang dimana menggunakan mie atau bihun sebagai bahan utamanya. Dalam satu porsi Laksa Bogor terdiri dari ketupat, bihun, tauge dan daun kemangi yang disiram dengan kuah kuning dan taburan serundeng yang gurih. Biasanya Laksa Bogor menggunakan tahu kuning dan telur rebus sebagai bahan tambahannya.

2. Cungkring

Kuliner khas Bogor yang satu ini memang terdengar cukup asing daripada kuliner lainnya, namun untuk rasanya tak perlu diragukan lagi karena cungkring merupakan kuliner berbumbu kacang yang berbahan dasar dari kaki sapi seperti kikil, damrat, kulit, hingga urat sapi. Cungkring ini disajikan dengan lontong,bumbu kacang, bumbu kuning sejenis kunyit, dan cabai. Untuk menikmati kuliner yang satu ini, kamu cukup merogoh kocek mulai dari  Rp. 15 ribu.

3. Bapatong

Bapatong merupakan singkatan dari Bakso Tahu Gentong. Kuliner yang satu ini bisa kamu temui di Taman Kencana. Satu porsi Bapatong berisikan mie kuning, bihun, pangsit, bakso yang disajikan bersama dengan ketupat dan iga sapi yang sudah dipotong – potong dadu. Setelah itu disiram dengan kuah kaldu sapi yang gurih dan lezat.

4. Doclang

Doclang merupakan santapan kuliner khas Bogor, Jawa Barat yang terbuat dari perpaduan potongan lontong, tauge, tahu, kentang rebus, dan telur ayam rebus yang sisajikan dengan pelengkap siraman bumbu saus kacang gurih. Seperti halnya godo – gado dan ketoprak, doclang juga umumnya dinikmati sebagai menu santapan sedap di pagi hari alias sajian sarapan pagi. Pada menu doclang, ketupat yang digunakan disebut dengan pesor, sejenis ketupat yang dibungkus dengan daun patat, yang banyak tumbuh di kaki Gunung Salak.

5. Toge Goreng

Toge goreng adalah salah satu makanan khas daerah betawi atau daerah bogor. Makanan ini cukup terkenal sekali karena rasanya yang sangat enak dan banyak sekali yang menyukainya. Makanan yang berbahan sayuran toge ini sebenarnya dalam proses memasaknya bukan dengan cara digoreng melainkan dengan cara direbus. Toge goreng ini merupakan makanan yang biasanya suka dipadukan dengan makanan lainnya misalnya dengan lontong dan juga tahu, jadi cocok sekali untuk dijadikan sebagai makanan pengganjal perut ketika anda sedang merasa lapar.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.