Jajanan Khas Jepang yang Bisa Ditemui di Festival Ennichisai Jakarta

Festival Ennichisai kembali di gelar di Jakarta. Festival yang merupakan kali ketujuh ini diselenggarakan mulai pada 14-15 Mei 2016. Lokasinya di Pelataran Blok M Square, tahun ini festival kebudayaan Jepang terbesar di Indonesia tersebut digelar lebih meriah dari sebelumnya.Tahun ini, festival tersebut menyediakan lebih dari 150 stan di sepanjang area festival. Ratusan stan tersebut berisikan pernak – pernik, souvenir, dan tentunya berbagai macam kuliner khas Jepang yang sudah familiar dengan lidah orang Indonesia. Mulai dari takoyaki yang populer di kalangan anak muda, udon, ramen, hingga sake yaitu minuman fermentasi tradisional Jepang.

Jika berkunjung ke Festival Enninchisai ini hidung Anda akan dimanjakan dengan wanginya berbagai masakan berbahan dasar hewan laut. Hidangan khas Jepang memang identik dengan hewan – hewan laut seperti ikan, gurita, dan cumi – cumi. Asap pun mengepul di jalanan seolah menarik pengunjung untuk mampir dan mencicipi lezatnya racikan bumbu Jepang tersebut. Untuk harganya pun cukup terjangkau dan bervariasi mulai dari Rp 10.000 untuk takoyaki isi empat, hingga Rp 50.000 untuk sebotol sake.

Selain itu masih ada lagi kuliner khas Jepang lainnya yang bisa dinikmati di Festival Enninchisai, diantaranya adalah:

  • Takoyaki, jajanan khas Jepang berbentuk bola ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalangan muda di Indonesia, kamu pun dapat membelinya dengan berbagai varian rasa di acara ini, seperti octopus cheese, chilli octopus,ataupun hanya keju. Harga untuk satu porsinya yaitu Rp 10.000 – Rp 15.000 isi empat, Rp 18.000 untuk isi enam.
  • Taiyaki, kue bertekstur seperti waffle yang dibentuk seperti ikan, dan berisikan aneka rasa. Di Enninchisai 2016 banyak yang menjual kue tersebut dengan varian isi mulai kacang merah, coklat, hingga keju, dengan harga Rp 15.000.
  • Ramen pun tak ketinggalan, seperti jigoku dan shoyu ramen seharga Rp 35.000. Jigoku sendiri merupakan ramen yang menggunakan bumbu pedas, sedangkan shoyu lebih terasa asin dan manis.
  • Yakimeshi patut dicoba yaitu semacam nasi goreng dengan bumbu Jepang seharga Rp 10.000.
  • Yakisoba, yang merupakan mi goreng dengan bumbu dan toping seafood ala Jepang seharga Rp 30.000.
  • Modayaki, sejenis pizza yang terbuat dari adonan telur bercampur dengan smoked beef, keju, kepiting, gurita, dan sayur-sayuran seperti wortel dan kol, seharga Rp 35.000.
  • Ika Suga tayaki, merupakan hidangan berbahan cumi-cumi segar berukuran 15 centimeter yang langsung dibakar, setelah itu direndam menggunakan saus kare.
  • Kani Kurimu Korokke atau semacam risoles di Indonesia, berukuran kecil sebesar sosis solo dengan isi daging kepiting dan adonan kentang dilapis serbuk roti.
  • Matcha bisa jadi penghilang dahaga. Matcha dijual mulai dari Rp 5.000 unuk original, hingga Rp 15.000 dengan campuran susu.
  • Kakigouri sebagai penutup makanan. Hidangan ini adalah es campur tradisional Jepang. Serutan es yang menggunung diberi berbagai sirup aneka rasa, dan dilumuri susu putih kental manis sebagai penutup taburannya.
Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.